Kasus COVID - 19 di Kapuas Hulu Bertambah

pena iklan

Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L Ain Pamero 

Penakapuas.com - Satgas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kapuas Hulu terus berupaya melakukan langkah - langkah pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut. Salah satunya melalui pemeriksaan swab, baik yang dilakukan di sekolah maupun di tingkat Puskesmas, dengan jumlah 4 (empat) penambahan terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil pemeriksaan di laboratorium Untan Pontianak. Dimana sebelumnya juga satu terkonfirmasi positif Covid-19.

"Pagi ini kita menerima informasi bahwa ada penambahan 4 terpapar positif Covid-19, 2 petugas kesehatan Puskesmas Putussibau Utara dan 2 lainnya tenaga pendidik di sebuah sekolah Putussibau Selatan," terang Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero, ditemui di Gedung MABM saat menghadiri Pengukuhan dan Pelantikan Pejabat Struktural, Selasa (18/8).

Untuk itu kata Wabup, penanganan yang dilakukan tim Satgas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten dengan mengarahkan isolasi mandiri, kemudian keluarga dihimbau dapat menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan.
"Untuk masyarakat sekitar jangan sampai mengucilkan warga yang terpapar ini, justru kita harus memotivasi dan memberi semangat untuk mempercepat kesembuhan pasien," pesan Wabup.

Wabup juga mengingatkan masyarakat di tengah new normal, dengan kelonggaran beraktivitas hendaknya tidak mengabaikan protokol kesehatan, namun harus semakin disiplin dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Padahal kita dituntut waspada menerapkan protokol kesehatan," kata Wabup.

Lebih lanjut Wabup menyampaikan, Pemda bersama Satgas Gugus Tugas Covid-19 kabupaten tetap komitmen dalam penanganan Covid-19. Bahkan siap menjalankan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

"Itu nanti akan diturunkan melalui Perbup (Peraturan Bupati) sehingga kita bisa melakukan penindakan bagi masyarakat yang tidak melakukan protokol kesehatan," tegas Wabup.

Selain itu kata Wabup, langkah pencegahan penyebaran Covid-19 melalui pemeriksaan swab akan dijalankan oleh petugas kesehatan.
Sementara itu Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu H. Bung Tomo menyatakan bahwa pihaknya siap melaksanakan swab, dari sisi alat dan petugas kesehatan juga tidak ada kendala.

"Bahkan kita juga mempersiapkan staff Puskesmas agar bisa melakukan swab, sehingga tidak mesti dari Dinas Kesehatan yang turun ambil sampel swab," ungkap Bung Tomo.

Terhadap tenaga medis dan pendidik yang terkonfirmasi positif Covid-19, Bung Tomo memastikan pihaknya akan melakukan contak tracking. Terutama petugas kesehatan sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan.

"Untuk penambahan 4 kasus baru, kita akan telusuri riwayat perjalanan, karena kita baru dapat informasi hari ini hasil swab dari Laboratorium Untan Pontianak, kita akan telusuri jejak, kita akan cek lingkungan dan keluarganya. Jika merasa pernah kontak dengan yang bersangkutan, bisa minta langsung swab ke Dinas Kesehatan," pungkas Bung Tomo. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4689490378254346489

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item