Joni Kamiso Anggota DPRD Kapuas Hulu Kenang Terbakarnya Betang Dipanipan Bolong

pena iklan

Joni Kamiso anggota DPRD Kapuas Hulu saat melakukan kunjungan ke lokasi terbakarnya betang di Desa Nanga Nyabau Kecamatan Putussibau belum lama ini

Penakapuas.com - Rumah Betang (Sao Langke') Dipanipan Bolong Desa Nanga Nyabau Kecamatan Putussibau Utara yang hangus terbakar belum lama ini ternyata masuk sebagai situs budaya, bahkan rumah khas Suku Dayak Tamambaloh Nanga Nyabau tersebut di bangun pada tahun 1869 silam.

Terbakarnya rumah betang tersebut membawa kenangan tersendiri bagi Joni Kamiso Anggota DPRD Kapuas Hulu. Dirinya pun cukup sedih dengan kehilangan betang tersebut karena peninggalan nenek moyang suku Dayak pun hilang tanpa bekas.

"Banyak kenangan saya di betang tersebut, di betang itu ada teman sekolah saya hingga teman bisnis, " kata Joni Kamiso, Sabtu (1/8)

Joni Kamiso peraih 2.091 suara pada Pileg 2019 tersebut mengungkapkan, tak kalah penting di betang tersebut terdapat banyak keluarga mantan Bupati Kapuas Hulu Abang Tambul Husein dan Bupati Kapuas Hulu AM Nasir yang sepatutnya dibantu keberlangsungan hidupnya kedepan.
Politisi PPP ini mengatakan, beberapa waktu yang lalu pihaknya ada 17 anggota DPRD Kapuas Hulu menyambangi rumah betang tersebut dan memang masyarakat korban kebakaran tersebut masih membutuhkan bantuan.

Joni Kamiso anggota DPRD Kapuas Hulu saat berbaur dengan masyarakat Desa Nanga Nyabau Kecamatan Putussibau Utara dalam kunjungannya belum lama ini

"Sejauh ini bantuan untuk korban kebakaran betang masih terus mengalir. Bahkan bukan hanya dari masyarakat Kapuas Hulu saja melainkan dari masyarakat luar," tutur suami Kepala Dinas Bina Marga dan SDA Kapuas Hulu ini.

Dari penjelasan Kades kata Joni, bantuan uang tunai sudah kurang lebih 200 juta. Sementara bantuan sandang dan pangan cukup banyak. Maka dari itu sebagai perwakilan masyarakat, dirinya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang peduli dan prihatin kepada korban kebakaran.

Tak kalah penting kata pria kelahiran 1963 ini, dirinya mengucapkan terimakasih kepada Lazarus Ketua Komisi V DPR RI yang turun langsung bersama 4 Balai Kementrian dari Pemerintah Pusat dengan membawa angin segar untuk membantu masyarakat korban kebakaran yakni akan membangun rumah bagi korban kebakaran pada tahun 2021.

Kenang - kenangan Joni Kamiso anggota DPRD Kapuas Hulu saat melakukan reses beberapa tahun lalu di betang Dipanimpan Bolong Desa Nanga Nyabau Kecamatan Putussibau Utara sebelum terbakar 

"Dari pertemuan antara Ketua Komisi V DPR RI dengan masyarakat setempat saat kunjungan beliau. Dari pak Lazarus akan membangun rumah kurang lebih 50 buah bagi korban kebakaran. Dimana pihak desa tinggal menyiapkan lahan untuk dibangunnya rumah tersebut," ujar Joni.

Lanjut Joni yang sudah menjabat sebagai anggota DPRD Kapuas Hulu 4 periode ini mengungkapkan, sangat mengapresiasi atas kepedulian Lazarus Anggota Komisi V DPR RI tersebut terhadap korban kebakaran di Desa Nanga Nyabau Kecamatan Putussibau Utara. 
Apalagi Ketua DPD PDI Perjuangan tersebut sampai membawa 4 balai dari Kementrian terkait hanya untuk membantu warga yang terkena musibah kebakaran betang.

"Kepedulian seorang Lazarus memang tak perlu diragukan kembali. Karena di Kapuas Hulu ini sudah berapa banyak pembangunan jalan, jembatan maupun lainnya yang sudah diperjuangkannya. Jadi tidak salah rasanya kita tetap mendukung apa yang diperbuat beliau untuk kemajuan Bumi Uncak Kapuas," jelasnya. 

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kapuas Hulu ini mengungkapkan, meskipun pada Pileg 2019 lalu masyarakat di Desa Nanya Nyabau belum memberikan dukungan sepenuhnya pada dirinya, biar bagaimana pun dirinya tetap memperjuangkan apa yang menjadi keluhan masyarakat disana. 

"Jika nantinya pada 2021 perumahan yang akan dibangun selesai dan terdapat beberapa kekurangan seperti jalan menuju perumahan tersebut, aliran pipa yang belum memadai maupun listrik yang belum ada, tentunya saya siap membantu secara bertahap melalui pokok pikiran saya nantinya.  Namun jika pembangunan rumah tersebut sudah include dengan sarana dan prasarana lainnya maupun fasilitas umum lainnya tentunya saya akan membantu kebutuhan masyarakat sesuai apa yang menjadi kebutuhan mereka saja," janji pria berusia 57 tahun tersebut.

Sambung Joni, selama dirinya menjabat sebagai anggota DPRD Kapuas Hulu, dirinya selalu mendorong pemerintah daerah bagaimana pembangunan di Desa Nanga Nyabau tersebut dapat berkembang. 

"Misalnya yang saya dorong pemerintah daerah ialah untuk melakukan pembangunan jalan menuju Betang, dari jalan negara masuk kedalam menuju Betang sekarang kondisinya cukup baik dan mulus. Memang belum tuntas dan selalu saya dorong bagaimana pembangunan jalan ini cepat diselesaikan oleh Pemda dan begitu juga dengan pembangunan irigasi. Saya selalu mendorong Pemda bagaimana irigasi disana cepat dibangun. Namun pembangunan irigasi saat itu belum tuntas karena putus kontrak  kontraktornya sehingga saat ini belum lagi berlanjut karena kendala APBD kita yang minim. Soalnya banyak yang harus dibangun di Kabupaten Kapuas Hulu yang memiliki 23 kecamatan," pungkas Joni yang juga Wakil Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan.  (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 3511748285984850898

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item