Dewan Minta Pemkab Kapuas Hulu Serius Tangani Orang Gangguan Jiwa

pena iklan

Sinardi Anggota DPRD Kapuas Hulu 

Penakapuas.com  - Keberadaan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kapuas Hulu terutama di Kota Putussibau menimbulkan keresahan di masyarakat, Pemkab Kapuas Hulu dalam hal ini Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas Hulu diminta serius menangani persoalan di lapangan. Terutama masalah orang gangguan jiwa yang sering telihat berkeliaran di jalanan, maupun dipasar sehingga mengganggu aktivitas warga.

Anggota DPRD Kapuas Hulu Sinardi mengatakan, dengan tegas meminta agar persoalan tersebut tidak dibiarkan berlarut-larut dan harus dilakukan penertiban dan ditangani secara medis di rumah sakit jiwa oleh pihak terkait.

"Kami minta masalah itu harus mendapatkan penanganan serius dari pemerintah dan dinsos harus lebih bekerja keras. Pasalnya, cukup komplek permasalahan di Kapuas Hulu ini," katanya, Selasa (1/9).

Peraih 1.825 suara pada Pileg 2019 ini juga meminta ketegasan dari pemerintah, terutama dalam hal melakukan penertiban secara intens ke lapangan. Pasalnya, menurut penilaian dia, kasus orang gila ini sudah marak terjadi dari tahun ke tahun.

"Agar tidak menganggu kenyamanan masyarakat, kami minta mereka ditertibkan untuk diarahkan ke tempat yang layak, mereka juga punya hak untuk memiliki kehidupan, sama seperti kita," ujar Politisi PAN ini. 

Hal serupa diungkapkan Hairudin Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu mengatakan, maraknya orang yang diduga mengalami gangguan jiwa (gila,red) di Kapuas Hulu membuat masyarakat semakin risih. Pasalnya, ada yang sampai setengah telanjang  berkeliaran di jalanan. Masyarakat pun berharap, Pemda Kapuas Hulu dalam hal ini Dinas Sosial (Dinsos) untuk mengambil sikap.

Ia juga berharap, kepada Dinsos agar memperhatikan dan mengambil tindakan terhadap orang gangguan jiwa yang ada di Kota Putussibau ini. 

"Begitu juga dengan pihak keluarga, saya sarankan untuk berkoordinasi dengan dinsos atau membawa langsung ke rumah sakit jiwa. Intinya, pemerintah harus segera mengambil sikap, demi kebaikan bersama tentunya,'' pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4657562336413334527

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item