2,6 Juta Meter Kubik Air Produksi PDAM Kapuas Hulu Hilang Dalam Setahun

pena iklan pena iklan

Sujasmin Kabag Hubungan Langganan PDAM Kapuas Hulu

Penakapuas.com - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kapuas Hulu mencatat ada kehilangan air atau non-revenue water (NRW) hingga 2,6 juta meter kubik (liter) dalam satu tahun. NRW adalah air yang tidak berekening, yaitu selisih jumlah air yang masuk ke sistem (suplai) dengan air yang tercetak di rekening.

"Tingkat kehilangan air kita cukup tinggi yakni mencapai 40 - 45 persen setiap tahunnya. Kehilangan air ini berbagai faktor mulai dari kebocoran pipa yang tidak diketahui, meteran rusak dan pencurian air oleh masyarakat," kata Sujasmin Kabag Hubungan Langganan PDAM Kapuas Hulu, Kamis (28/8).

Masalah kehilangan air ini kata Sujasmin, pihaknya terus mencari dimana letak kebocoran maupun pencurian air yang terjadi selama ini. Terkadang kebocoran pipa tersebut ditemukan oleh pihaknya dan langsung melakukan perbaikan.

"Kita pun sangat mengharapkan peran dari masyarakat yang mengetahui adanya kebocoran pipa PDAM maupun adanya pencurian air dapat melaporkan ke pihaknya," ujarnya.

Lanjut Sujasmin, setiap hari petugasnya kerap melakukan pengecekan kebocoran pipa dan ditambah dengan petugasnya selalu melakukan pencatatan meteran pelanggan.

"Yang banyak kehilangan air itu di Putussibau Selatan dan Utara. Kita terus melakukan pencarian kehilangan air itu darimana asalnya," pungkasnya. (taufiq)

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 70884993968865208

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item