Wabup Salurkan BLT DD di Desa Benua Tengah

pena iklan

Suasana pembagian BLT DD di Desa Benua Tengah Kecamatan Putussibau Utara, Rabu (8/7). Pembagian BLT DD langsung oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero.

Penakapuas.com - Pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Desa Benua Tengah Kecamatan Putussibau Utara dilakukan langsung Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero, Rabu (8/7) kemarin. Pembagian BLTD DD itu dipusatkan di Rumah Betang  Sao Langke Adat “Dai Bolong Pambean"
Turut hadir mendampingi Wabup, Anggota DPRD Kapuas Hulu Yanto SP, pimpinan dan jajaran OPD. Hadir pula perwakilan dari Provinsi Kalbar Andi Hamzah selaku Korprov P3MD Provinsi Kalbar.
Dengan jumlah penerima BLT DD Desa Benua Tengah untuk tahap 1 di fase ke 3 ini sebanyak 47 KPM.
Kepada keluarga penerima BLT DD, Wabup berpesan aga dapat di manfaatkan sebaik mungkin, untuk keperluan dan kebutuhan sehari-hari dalam rangka penanggulangan Pandemik Covid 19.
"Saya harapkan, BLT DD yang disalurkan ini bukan untuk keperluan lain, mengingat bantuan dari pemerintah melalui DD ini di tujukan untuk masyarakat miskin karena dampak pandemi Covid-19," pesan Wabup Anton Pamero.
Dalam kesempatan  tersebut, Wabup juga menjelaskan bahwa akibat pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap anggaran pemerintah yang seyogyanya untuk merealisasikan pembangunan.
"Karena berimbas dengan pemotongan anggaran di berbagai sektor, terutama dibidang penganggaran daerah, sehingga berpengaruh akan program pembangunan daerah , sehingga perlu di maklumi , bahwa di tahun ini kurang maksimal dalam pembangunan terutama fisik," papar Wabup.
Pada kesempatan yang sama, Korkab P3MD Kabupaten Kapuas Hulu Dedy Hari Suprianto yang juga Tenaga Ahli PMD menyampaikan, saat ini  BLT DD sudah tersalurkan tahap pertama dari 278 desa, dengan jumlah desa yang sudah disalur 267  desa dan masih sisa 11 desa.
"Jumlah KPM  18.115  KK, dikali Rp600.000, total pencairan tahap pertama total disalurkan Rp10.979.400.000," papar Dedy.
Sedangkan tahap kedua, jumlah desa sudah disalur sebanyak 175 desa, dengan jumlah KPM 11.572  KK dan total pencairan Rp6.943.200.000. Kemudian pada tahap ketiga, jumlah desa sudah disalur 63 desa, jumlah KPM  3.775 KK dan total pencairan Rp2.265.000.
"Jadi total pencairan tahap 1, 2 dan 3 sejumlah Rp20.035.800.000 /100 persen dari jumlah KK sementara per tanggal 08 Juli 2020," ucap Dedy.
Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Alpiansyah mengingatkan, dalam penyaluran BLT Dana Desa itu hendaknya para kepala desa dan perangkatnya harus melakukan survey sebaik mungkin pada calon kepala keluarga penerima.
"Data harus sinkron atau disandingkan dengan data-data kepala keluarga penerima bantuan lainnya seperti BST, PKH dan Bansos lainnya," harap Alpiansyah.
Makanya Alpiansyah meminta, harus ada musyawarah di tingkat desa dalam menentukan penerima BLT dana desa dengan melibatkan Babinkamtibmas dan babinsa.
Alpiansyah juga menekankan agar aparatur desa mengacu kepada aturan dalam penyaluran BLT dana desa tersebut, sehingga tidak mengambil kebijakan yang akhirnya bertentangan dengan hukum.
"Jangan mengambil kebijakan yang bertentangan dengan aturan, apalagi menghilangkan hak orang lain yang berhak menerima bantuan itu," tegas Alpiansyah. 
Sehingga kata Alpiansyah, dalam penyaluran BLT dana desa tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari, apalagi jika ada aparatur desa yang harus bersentuhan dengan hukum gara - gara menyalahgunakan bantuan," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 7222205764475159441

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item