Verifikasi Faktual, Bawaslu Temukan KTP ASN dan TNI Dukung Akok

pena iklan

Haidir Komisioner Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu 

Penakapuas.com - Pengawasan Verifikasi Faktual calon perseorangan Pilkada serentak 9 Desember tahun 2020 terhadap calon perseorangan oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu beberapa hari terakhir ini banyak ditemukan ratusan KTP dari masyarakat yang tidak boleh mendukung termasuk dari ASN dan TNI.
"Calon perseorangan tersebut hanya satu pasangan yaitu, Edy Suhita (Akok) berpasangan dengan Dominikus Sehen. Jadi pengawasan kami mulai dari Panwascam dan PPKD," katanya, Senin (6/7).
Haidir Komisioner Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu menjelaskan, selama proses pengawasan tersebut, ditemukan dilapangan beberapa Kartu Tanda Penduduk (KTP) masyarakat yang tidak boleh mendukung.
"Ini berdasarkan data B.1.1 KWK, yang menurut PKPU 1 2020 pasal 18 ayat 7, mereka tidak boleh memberikan dukungan seperti, ASN, TNI Polri, perangkat desa dan penyelenggara," ucapnya.
Menurut data Bawaslu Kapuas Hulu, terhimpun ada 89 orang ASN mendukung calon perseorangan, TNI-Polri ada 6 orang, penyelenggara pemilu 157 orang, dan perangkat desa 215 orang. "Total ada 467 orang," ujarnya.
Untuk itu kata Haidir pihaknya telah menyampaikan ke Panwascam, dan PPKD untuk melakukan saran perbaikan, dan koreksi langsung sesuai kewenangan sebagai pengawas. "Untuk ditindaklanjuti sahabat PPS, supaya mereka itu di TMS kan ketika faktual," pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 5730982050295686452

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item