Pemuda Katolik Komcab Kapuas Hulu Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Betang Di Nanga Nyabau

pena iklan
Ketua Pemuda Katolik Komcab Kapuas Hulu Antonius Thambun bersama anggotanya secara simbolis menyerahkan bantuan pada korban kebakaran betang Dipanimpan Bolong,  desa Nanga Nyabau, kecamatan Putussibau Utara, kabupaten Kapuas Hulu, provinsi Kalimantan Barat, Selasa (21/7/2020)

Penakapuas.com - Pengurus Pemuda Katolik Komcab Kapuas Hulu, menyalurkan bantuan bagi korban musibah kebakaran Rumah Betang Dipanimpan Bolong, Desa Nanga Nyabau, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (21/07/2020) lalu.
Ketua Pemuda Katolik Komcab Kapuas Hulu Antonius Thambun menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif bersama, pengurus dan seluruh anggota Pemuda Katolik Komcab Kapuas Hulu.
“Begitu mendengar musibah kebakaran rumah betang di Nanga Nyabau, kami melakukan koordinasi internal organisasi dan sepakat membuka posko di Sekretariat Pemuda Katolik Komcab Kapuas Hulu," tutur Antonius Tambun, Jumat (24/7/2020). 
Pria yang akrab disapa Unen ini, mengatakan bahwa pihaknya menghimpun sumbangan dari berbagai pihak yang kemudian dialurkan bagi para korban kebakaran tersebut. "Dalam hal ini kami dari Pemuda Katolik Komcab Kapuas Hulu mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para donatur yang telah memberikan sumbangan melalui posko Pemuda Katolik”, ucapnya.
Unen berharap aksi sosial pihaknya dapat sedikit meringankan beban para korban, meningkatkan rasa kebersamaan serta menjadi penghubung untuk membantu para korban kebakaran Rumah Betang Dipanimpan Bolong, Desa Nanga Nyabau.
“Kami melihat bahwa kebersamaan dan rasa peduli akan musibah ini begitu luar biasa, selain bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, BNPB Kabupaten Kapuas Hulu, TNI, Polri, namun juga berbagai elemen masyarakat dan organisasi baik yang ada di Kapuas Hulu maupun di luar Kapuas Hulu, dengan caranya masing-masing  bergerak untuk membantu para korban, kepedulian seperti ini tentunya hal yang baik dan perlu terus dipertahankan", ungkap Unen.
Sementara itu Koordinator Bidang Tanggap Bencana Pemuda Katolik Komcab Kapuas Hulu, Stefanus Rio,  menyampaikan bahwa posko Pemuda Katolik Komcab Kapuas Hulu untuk korban musibah kebakaran Rumah Betang Dipanimpan Bolong, Desa Nanga Nyabau ini dimulai tanggal 20 Juli sampai dengan 26 Juli 2020.
"Penyaluran bantuan kami rencanakan dalam dua tahap, bantuan yang kami salurkan hari ini merupakan penyaluran tahap pertama, karena kami masih membuka posko hingga 26 Juli 2020. Bagi masyarakat yang berniat membantu melalui posko Pemuda Katolik, silahkan mendatangi Sekretariat Pemuda Katolik Komcab Kapuas Hulu di Jalan Imelda Putussibau pada pukul 11.00 WIB sampai 17.30 WIB. Kami menghimpun sumbangan berupa uang, beras, pakaian layak pakai dan peralatan untuk memasak" kata Rio.
Pada penyaluran tahap pertama, Selasa (21/07/2020) Pemuda Katolik Komcab Kapuas Hulu, antara lain menyalurkan kompor gas dilengkapi regulator dan tabung gas LPG , kelambu, pakaian dalaman, serta pakaian layak pakai. Selanjutnya direncanakan penyaluran sumbangan tahap kedua pada Minggu (26/07/2020).
Seperti diketahui, kejadian kebakaran Rumah Betang Dipanimpan Bolong, Desa Nanga Nyabau, Kecamatan Putussibau Utara terjadi pada Minggu, 19 Juli 2020 sekitar pukul 20.30 WIB. Betang ini terdiri atas 35 pintu, 51 kepala keluarga dan 171 jiwa. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut namun rumah betang yang berdiri sejak tahun 1948 dan merupakan situs/bangunan cagar budaya ini ludes terbakar. (yohanes)
Advertisement

Related

Sosial Budaya 6959882476983006268

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item