Panen Padi di Desa Tani Makmur, Bupati Motivasi Petani

pena iklan

Bupati Kapuas Hulu AM Nasir didampingi Erlinawati Nasir bersama jajaran OPD dilingkungan Pemkab Kapuas Hulu, Anggota DPRD Kapuas Hulu saat melaksanakan panen perdana padi musim tanam gadu di Desa Tani Makmur Desa Kecamatan Hulu Gurung, Jumat (24/7)

Penakapuas.com - Luasnya Kabupaten Kapuas Hulu mampu menyediakan banyak sumber pendapatan yang bisa menjadi penopang perekonomian masyarakat jika dikelola dengan maksimal.

Hal ini dikemukakan Bupati Kapuas Hulu AM Nasir ketika menghadiri panen padi perdana musim tanam gadu 2020 di Desa Tani Makmur, Kecamatan Hulu Gurung Jumat pekan lalu

"Tinggal mau tidak kita kelola. Karen Kabupaten
Kapuas Hulu ini banyak kelebihan yang dihasilkan alam baik sektor perikanan, hasil hutan lainnya, sektor pertanian, perkebunan, peternakan. Maka tinggal digali potensi," ucap Nasir.

Untuk itu Nasir meminta petani agar tetap semangat dan konsisten dalam mengelola sektor pertanian. Bahkan AM Nasir mencontohkan di negara Jepang, petani saja bisa menjadi orang kaya.

"Kita memang harus akui, masih banyak yang perlu dibenah untuk membangun sektor pertanian. Baik terkait sarana dan prasarana pertanian serta pembinaan ke petani yang perlu keterlibatan berbagai instansi," ungkap Nasir.

Nasir apresiasi masyarakat Desa Tani Makmur yang cukup konsen dalam mengelola sektor pertanian. Ia menyebutkan 5 (lima) tahun lalu, dirinya juga pernah menghadiri panen perdana padi di desa tersebut.

"Sekarang kami datang lagi panen perdana. Jadi Desa Tani Makmur ini konsisten dalam bidang pertanian. Terimakasih kepada kepala desa, camat atas pembinaan kepada petani selama ini," ucap Bupati.

Dikatakan Nasir, kendati belum bisa maksimal, namun pemerintah tetap berusaha membantu sarana prasarana yang dibutuhkan masyarakat dalam mengelola sektor pertanian.

"Sekarang petani memang mesti mengikuti teknologi. Kalau dulu kita setahun sekali bertanam, sekarang bisa dua kali bertanam dan panen, bahkan kedepan harus bisa kali. Dengan berbaagi metode, seperti tanaman tumpang sari atau mina padi," saran AM Nasir. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 3724975594294041744

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item