Cegah Karhutla, Kodim 1206 Psb Bentuk Satgas Huma

pena iklan

Bupati bersama Dandim, Kapolres dan Ketua DPRD Kapuas Hulu melakukan pengecekan sarana dan prasarana dalam mengantipasi terjadinya Karhutla di Kapuas Hulu, Rabu (15/7)

Penakapuas.com - Apel gelar Satgas Huma Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa Kodim 1206/Putussibau tahun 2020 digelar di halaman Makodim, Rabu (15/7).

Komandan Kodim 1206/Putussibau Letkol Inf Basyaruddin menjelaskan, program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa sudah digagas awal tahun dan sudah di sosialisasi di Kapuas Hulu pada Maret 2020.

"Namun karena adanya pandemi Covid-19, jadi fokus sekarang kesitu," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim juga menyampaikan amanat Pangdam XII/Tanjungpura bahwa, Satgas Huma adalah satgas relawan yang tidak didukung dengan anggaran.

"Kegiatan apel gelar Satgas Huma ini dilatarbelakangi, karena seringnya bencana kabut asap akibat karhutla di wilayah Kalbar dan Kalteng," kata Dandim.

Masih membacakan amanat Pangdam XII/Tpr, Dandim Letkol Inf Basyaruddin mengatakan, Satgas Huma hendaknya mampu mengantisipasi dini terhadap potensi Karhutla.

"Nama Huma merupakan filosofi dengan kearifan lokal. Untuk itu harapan dan doa kita bersama, supaya bisa bersama - sama menciptakan birunya langit, tanpa kebakaran hutan dan lahan," ucap Dandim.

Dandim juga menyampaikan, dalam menjalankan tugasnya, Satgas Huma diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan, guna pencegahan Covid-19.

"Oleh karenanya, Satgas Huma diharapkan membantu pemerintah daerah, dalam mengatasi Karhutla," kata Dandim.

Khusus di Kabupaten Kapuas Hulu, Dandim Letkol Inf Basyaruddin menjelaskan, pihaknya telah membuat suatu trobosan dengan membuat lahan contoh yang dibuka tidak dengan cara bakar.

"Pencanangan lahan tanpa bakar sudah kita siapkan, kita membuat contoh membuka lahan tanpa bakar, yakni menggunakan jonder, kita sudah siapkan setiap tahun memberikan contoh kepada masyarakat," pungkas Dandim.

Apel Satgas Huma di Makodim Putussibau dihadiri Bupati Kapuas Hulu AM Nasir, hadir juga unsur Forkompimda Kabupaten Kapuas Hulu, dan para pimpinan OPD terkait bersama seluruh relawan Satgas Huma. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 5873900140705998923

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item