6 Desa di Bunut Hulu Terendam Banjir, BPBD Kapuas Hulu Langsung Monitoring

pena iklan

BPBD Kapuas Hulu saat memonitoring banjir di Kecamatan Bunut Hulu, Jumat (10/7)

Penakapuas.com - Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu terus memonitoring banjir yang terjadi di Kapuas Hulu, salah satunya banjir di Kecamatan Bunut Hulu, Jumat (110/7).

Gunawan Kepala BPBD Kapuas Hulu mengatakan, banjir yang meluap di beberapa desa Kecamatan Bunut Hulu tersebut diakibatkan dari tingginya curah hujan belakangan ini.

"Di Bunut Hulu itu ada 6 desa yang terendam banjir," katanya, Jumat (10/7).

Gunawan mengungkapkan, 6 desa yang terdampak banjir tersebut diantaranya Desa Nanga Semangut. Sedikitnya 20 rumah yang terendam dengan ketinggian air 40 - 60 Cm.
Kemudian Desa Kelibang ada 25 rumah yang terendam banjir dengan ketinggian air 25 - 40 Cm. Kemudian Desa Teemuyuk hanya ruas jalan yang terdampak banjir dengan debet air 20 Cm.

Selanjutnya Desa Sebilit kurang lebih 10 buah rumah yang terdampak banjir dengan debet air 40 Cm. Selanjutnya Desa Nanga Suruk Dusun Suka Makmur kurang lebih 60 buah rumah yg terdampak banjir dengan debet air 1,5 - 2 M kondisi air bertahan.

Kondisi banjir yang melanda Kecamatan Bunut Hulu, Jumat (10/7)

Dan terakhir.Desa Beringin kurang lebih 70 buah rumah yg terdampak banjir dengan debet air 3-4 M dan kondisi air masih bertahan.

"Namun banjirnya saat ini airnya sudah mulai surut," ujar Gunawan.
Untuk itu Gunawan mengimbau kepada masyarakat tetap waspadai dan menghindari daerah daerah rawan bencana terutama tanah longsor tetap waspada terhadap curah hujan yang cukup tinggi yang bisa menyebabkan banjir.

"Jika ada bencana, saya harap masyarakat cepat melaporkannya melalui desa dan kecamatan untuk segera melaporkan kejadian ke BPBD segera mungkin agar kita bisa segera melakukan tindakan yang diperlukan terkait banjir," pungkas Gunawan. (taufiq)
Advertisement

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item