15 APMS Beroperasi di Kapuas Hulu

pena iklan

Salah satu APMS di Kapuas Hulu yang beroperasi di Kapuas Hulu 

Penakapuas.com - Bertambahnya agen penyaluran minyak melalui APMS di Kabupaten Kapuas Hulu dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini telah banyak membantu masyarakat dalam mendapatkan minyak.
Kabag Perekonomian pada Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu Serli mengungkapkan, sampai dengan tahun 2020 ini, sedikitnya 15 APMS sudah beroperasi di Bumi Uncak Kapuas, yang tersebar dibeberapa kecamatan, mulai dari perbatasan antar kabupaten, sampai wilayah perbatasan RI-Malaysia.
"Yang sudah ada ijin itu semuanya 16 APMS, namun satu belum beroperasi yakni di Kecamatan Silat Hilir, sebelum Simpang Silat" katanya Senin (6/7).
Dengan bertambahnya APMS di Kapuas Hulu kata Serli, setidaknya bisa memudahkan masyarakat mendapatkan minyak dengan harga yang stabil.
"Beda dengan beberapa tahun lalu, kalau sudah langka, harga melonjak signifikan," ungkapnya.
Serli menegaskan, adanya APMS di Kabupaten Kapuas Hulu memang kontribusi tidak kepada pendapatan daerah, namun bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. "Dampak sosial bagi masyarakat sangat dirasakan," ucapnya.
Bahkan dari sisi pengawasan dan monitoring, Pemerintah Daerah juga tidak berkewenangan penuh, sebagaimana peraturan dalam Dirjend Migas.
"Artinya Pertamina yang berwenang, melalui divisi regional VI Sintang yang membawahi Sintang dan Kabupaten Kapuas Hulu," jelasnya.
Namun kata Serli, Pemerintah Daerah sifanya pengawasan secara umum, misal ada laporan masyarakat bahwa di salah satu APMS ada indikasi penyimpangan, kemudian pihaknya kata Serli meneruskan laporan tersebut ke Pertamina, kita akan minta agar ditindak," papar Serli.
Bahkan kata Serli, pihak Pertamina juga akan minta surat ke Pemda jika bahwa di perusahan tersebut ditemukan penyimpangan. "Tanpa surat maka tidak akan di akomodir," pungkas Serli. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 7295855432480727470

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item