Satu Warga Kapuas Hulu Digigit Anjing Rabies

pena iklan
Pemberian vaksinasi terhadap anjong milik warga Desa Sungai Ajung Kecamatan Batang Lupar yang dilakukan oleh petugas Dinas Kesehatan Kapuas Hulu belum lama ini

Penakapuas.com - Seorang warga Kabupaten Kapuas Hulu asal Desa Sungai Ajung Kecamatan Batang Lupar digigit anjing positif rabies. Warga yang digigit anjing positif rabies tersebut diketahui berinisial JG.
Agustina Kasi Keswan dan Kesmavet Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu menjelaskan bahwa pihaknya mendapatkan laporan adanya gigitan anjing dari warga Desa Sungai Ajung pada 1 Mei 2020. Diketahui bahwa anjing tersebut milik warga setempat yang menggigit JG tanpa diprovokasi.
"Pada saat kejadian, kita sarankan pada penyuluh dapat mengambil sampel kepala anjing dan mengirimkan ke Kabupaten untuk selanjutnya dikirim ke Pontianak agar dilakukan uji laboratorium," katanya, Kamis (11/6).

Pemberian vaksinasi terhadap anjing milik warga Desa Sungai Ajung Kecamatan Batang Lupar yang dilakukan oleh petugas Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu belum lama ini

Agustina mengatakan, pihaknya pun pada tanggal 3 Mei 2020 akhirnya mengirimkan sampel kepala anjing tersebut ke Pontianak. Kemudian tanggal 4 Mei 2020 hasil dari laboratorium pun keluar dan menunjukan bahwa anjing yang menggigit JG tersebut dinyatakan positif rabies.
"Meskipun anjing yang mengigit JG ini positif rabies, namun korban kondisinya tetap sehat karena sudah mendapatkan suntikan Vaksin Anti Rabies (VAR) lengkap dari kami," ujarnya.
Adanya kasus gigitan anjing di Desa Sungai Ajung Kecamatan Batang Lupar kata Agustina, pihaknya juga sudah melakukan vaksinasi terhadap anjing - anjing yang diwilayah tersebut.
"Untuk itu kita sangat berharap pada Kepala Desa atau Camat, jika ada kasus gigitan anjing diwilayahnya cepat melapor kepada pihaknya," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4653340101995273513

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item