Festival Danau Sentarum 2020 Dipastikan Batal

pena iklan pena iklan

Kegiatan Festival Danau Sentarum yang dilaksanakan di Kecamatan Batang Lupar pada tahun sebelumnya 

Penakapuas. com - Festival Danau Sentarum yang biasanya dipusatkan di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, daerah perbatasan Indonesia - Malaysia wilayah Kapuas Hulu tahun 2020 ini dipastikan batal dilaksanakan.
"Anggaran kegiatan Festival Danau Sentarum tersebut sudah ditarik sama pemerintah pusat berdasarkan PMK No. 35/PMK.07/2020 tentang pengelolaan transfer ke daerah & dana desa TA. 2020 dalam rangka penanganan pandemi COVID - 19," kata Agus Triyono Kabid Pariwasata dan Ekonomi Kreatif Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu.
Agus mengatakan, jika tidak karena COVID - 19 ini, Festival Danau Sentarum direncanakan akan dilaksanakan pada 3-5 Desember 2020. Soalnya kegiatan Festival Danau Sentarum ini masuk dalam kalender of even wonderful Indonesia Kementrian Pariwisata. "Dalam Festival Danau Sentarum tahun ini sebenarnya kita sudah merencanakan untuk tetap menonjolkan budaya dan alam," ujarnya.
Lanjut Agus, Kabupaten Kapuas Hulu sebagai paru-paru dunia,100 persen wilayahnya masuk wilayah heart of borneo atau jantung Kalimantan Barat, dimana lebih dari 51 persen masuk dalam kawasan Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TNBKDS) dengan luas TNBK lebih kurang 800 ribu hektar dan TNDS kurang lebih 132 ribu hektar.
Menurutnya, Festival Danau Sentarum ini merupakan salah satu komitmen Pemkab Kapuas Hulu. Malah dalam visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu. Kegiatan festival ini menjadi prioritas, karena banyak kelebihan, banyak potensi yang ada di Kapuas Hulu, pariwisata tetap masuk dalam visi misi Bupati.
"Danau Sentarum memiliki banyak kelebihan yang unik di dunia, baik flora maupun fauna," tuturnya.
Dengan dibatalnya Festival Danau Sentarum ini maka terpaksa harus menunggu tahun depan pelaksanaanys dengan berharap COVID - 19 ini cepat berlalu. "Ditempat kami ini bukan hanya kegiatan Festival Danau Sentarum saja yang dibatalkan, kegiatan lain juga dibatalkan karena anggaran kita juga sudah dipangkas 50 persen," pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 5137180890478692780

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item