Rutan Putussibau Beri Remisi Lebaran 37 Warga Binaan

pena iklan

Rio Mulyadi Sitorus Kepala Rutan Kelas II B Putussibau saat memberikan surat remisi pada warga binaan mereka, Minggu (24/5)

Penakapuas.com - Pada lebaran tahun 2020 atau Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Rutan Kelas II B Putussibau memberikan remisi pada 37 warga binaan.
" Warga binaan yang mendapatkan remisi itu sudah memenuhi prosedur dan syarat salah satunya berkelakuan baik," kata Rio Sitorus Kepala Rutan Kelas II B Putussibau, Minggu (24/5)
Rio menjelaskan, selain memiliki kelakuan baik, warga binaan yang memperoleh remisi juga itu minimal telah menjalani masa pidana enam bulan dan persyaratan lainnya yang berlaku.
Menurut dia, pengajuan remisi tersebut telah dilakukan dengan menggunakan teknologi informasi melalui aplikasi sistem data base pemasyarakatan mulai dari proses pengusulan sampai terbitnya surat keputusan secara online.
" Jadi semua proses pemberian remisi sudah dilaksanakan sesuai ketentuan," ucapnya.
Dalam kesempatan itu juga, Rio menyampaikan pesan dari Menkumham yaitu agar warga binaan pemasyarakatan di Indonesia jangan mengamsumsikan masa pidana sebagai derita, melainkan sebagai sarana intropeksi diri agar menyadari semua kesalahan yang telah dilakukan.
" Remisi yang diterima merupakan hadiah dari negara atas pencapaian selama pembinaan di Lapas atau Rutan, serta memotivasi penyadaran diri yang meningkatkan optimisme dalam menjalankan sisa pidana," jelasnya.
Disamping itu, Menteri Hukum dan HAM juga telah mengambil kebijakan dan langkah - langkah dalam hal menangani wabah COVID - 19 dengan berbagai upaya diantaranya penundaan penerimaan tahanan baru, penundaan layanan kunjungan, pelaksanaan sidang melalui Video Conference, serta pengeluaran dan pembebasan warga binaan dan anak melalui asimilasi dan Integrasi. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 6246770773402637007

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item