Kejaksaan Ingatkan Pemkab Kapuas Hulu Jangan Main-main Dana Corona

pena iklan

Adi Rahmanto Kasi Intel Kejari Kapuas Hulu 

Penakapuas.com  - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kapuas Hulu mengingatkan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kapuas Hulu agar tak main-main dalam penggunaan dana penanggulangan Corona Virus Disease atau COVID-19, yang berasal dari APBD dan APBN. 
Diketahui, untuk penanganan COVID-19, Menteri Dalam Negeri telah menginstruksikan pemda untuk melakukan refocusing dan realokasi untuk menangani virus corona di daerah. Pemda Kapuas Hulu sendiri sebelumnya telah melakukan relokasi dan refocusing anggaran dari DAK APBN, dana dari sisa lebih anggaran tahun sebelumnya dan dana dari pemanfaatan penerimaan daerah tahun 2020, dimana total anggaran untuk penanggulangan COVID - 19 tersebut mencapai Rp43 milyar.
Kasi Intel Kejari Kapuas Hulu Adi Rahmanto menjelaskan, dalam beberapa aturan yang diturunkan Pemerintah pusat, pemda sangat dipermudah untuk melakukan pergeseran anggaran. Ia minta kemudahan itu tak dijadikan kesempatan untuk main-main terutama dalam pengadaan barang dan jasa. 
"Sudah banyak aturan khusus yang diterbitkan pemerintah untuk dana penanganan COVID-19. Artinya pemerintah daerah diberi kelonggaran untuk menggunakan APBD atau pun APBN. Saya mengimbau, ini jangan dipakai kesempatan, boleh ditunjuk siapa saja yang melakukan pengadaan, tapi jangan ada yang bermain-main dalam prosesnya," katanya, Selasa (19/5). 
Lanjut Adi, dalam dana COVID - 19 Kapuas Hulu, pihaknya mendampingi relokasi refocusing anggaran tersebut. 
"Tetapi sampai saat ini baru beberapa OPD yang sudah berkoordinasi soal penggunaan anggaran COVID - 19. Dikarenakan teman- teman di lapangan masih bekerja. Kita ikuti dulu prosesnya," ujarnya. 
Namun kata Adi,  pihaknya yang pasti mengawal dan mengawasi anggaran COVID - 19. Tentunya ini memerlukan kerjasama dari semua pihak agar dapat berjalan baik
Lanjut Adi, sebenarnya pihaknya sudah menawarkan kerjasama pada Pemkab Kapuas Hulu dalam pengawasan dan pengawalan dana COVID ini dengan tujuan penggunaan dana COVID - 19 ini lebih terarah.  Namun ajakan mereka untuk bekerjasama sendiri, respon dari beberapa OPD agak lambat. "Sampai hari ini saya masih menunggu respon dari beberapa OPD yang diajak kerjasama tersebut," jelasnya.
Sementara itu Sekda Kapuas Hulu Mohd Zaini menjelaskannya,  penggunaan dana COVID- 19 Kapuas Hulu mengakut tidak tahu secara rinci penggunaan dana tersebut karena realisasi penggunaan dana tersebut ialah OPD yang menangani secara teknis seperti BPBD, Dinas Kesehatan,  Rumah Sakit, Dinas Sosial dan lainnya. "Yang sudah kita laporkan ke pusat realisasi penggunaan dana COVID tersebut sebesar Rp43 miliar lebih," pungkasnya. (taufiq)


Advertisement

Related

Kapuas Hulu 106511395801704734

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item