Virus Corona Tak Ganggu Program Bedah Rumah di Kapuas Hulu

pena iklan

Program BSPS atau bedah rumah di Kapuas Hulu yang dilaksanakan pada tahun sebelumnya. Tahun ini program bedah rumah akan dilanjutkan oleh pemerintah pusat 

Penakapuas.com - Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang dikenal dengan istilah bedah rumah di Kapuas Hulu bakalan terus berlanjut, meskipun saat ini wabah Virus Corona melanda semua daerah dan berdampak pada pemotongan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK). 
Hal ini diungkapkan oleh Kabid Perumahan dan Kawasan Permukiman Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kapuas Hulu, Fahrurozi. Menurutnya BSPS di Kapuas Hulu bukanlah berasal dari DAK, melainkan bantuan langsung dari APBN. 
"Kita perkirakan di Kapuas Hulu ini ada  sekitar dua ribuan rumah yang bakal direhab," katanya,  Senin (20/4). 
Rozi mengatakan, untuk di Kapuas Hulu prosesnya saat ini masih melakukan verifikasi bagi Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL), jika proses TFL ini selesai, diperkirakan bedah rumah ini pun baru bisa dilaksanakan bulan depan. 
"Bedah rumah ini peningkatan kualitas  dengan besaran Rp 17,5 juta per rumah," tuturnya.
Rozi  mengatakan, bantuan stimulan perumahan swadaya merupakan program pemerintah untuk merehab atau memperbaiki rumah warga yang tidak layak huni. Bantuan tersebut sasaran kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) guna meningkatkan kualitas rumah beserta sarana, prasarana dan fasilitas umum.
“Bukan untuk masyarakat yang ekonominya bagus tapi masyarakat yang ekonominya lemah. Agar tidak menimbulkan persoalan, maka kita lakukan pengambilan data jangan sampai mereka berpikir bahwa pemerintah pilih kasih dalam pelayanan dan lain-lain, ini yang perlu kita hindari. Jadi data yang ada sudah sesuai kondisi ril di lapangan,” ungkapnya.
Lanjut Rozi, BSPS merupakan stimulan bagi masyarakat untuk bisa bergotong royong dalam meningkatkan kualitas rumah tidak layak huni.Bantuan diberikan dalam bentuk bangunan bukan uang.
“Jadi sudah ada tim suplier untuk menyediakan material sehingga proses pengerjaan sesuai mekanisme dan koridor yang ada. Namun, kami tetap kontrol sehingga tidak menimbulkan kontroversi yang memojokan pemerintah," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 3549973855863026501

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item