Tim Gugus Covid - 19 Kapuas Hulu Semprot Desa Sukamaju Tempat Pasien Positif Corona

pena iklan
 
Penyemprotan Disinfektan yang dilakukan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid- 19 Kapuas Hulu di Desa Sukamaju Kecamatan Putussibau Selatan,  Minggu (26/4)

Penakapuas.com - Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas Hulu bergerak cepat terhadap satu pasien yang positif Covid - 19 di Dusun Lunsara Desa Sukamaju Kecamatan Putussibau Selatan. Tim Gugus Tugas Penanganan Covid -19 Kapuas Hulu melakukan penyemprotan disinfektan dirumah pasien Covid - 19 dan sekitar lingkungan tempat tinggal yang bersangkutan, Minggu (26/4). 
Gunawan Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid- 19 Kapuas Hulu mengatakan, penyemprotan disinfektan dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid - 19. "Yang kita semprot tadi lokasi dimana pasien positif Covid - 19 tinggal, kemudian daerah lingkungan aekitar seperti Masjid dan lainnya," kata Gunawan Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid - 19 Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu (26/4). 
Gunawan yang juga kepala BPBD Kapuas Hulu ini menjelaskan, selain pihaknya melakukan penyemprotan disinfektan, pihaknya juga melakukan pelacakan terhadap siapa - siapa saja yang pernah kontak langsung dengan pasien positif Covid- 19. "Terutama dari anak - anak dan keluarga korban yang nantinya kita laporkan dengan tim kesehatan agar dapat di cek kesehatan mereka menggunakan rapid test," jelasnya. 
Lanjut Gunawan, untuk langkah dari tim gugus Penanganan Covid- 19 Kapuas Hulu akan terus melakukan pembinaan kepada desa dan mengharapkan agar dari pihak desa dapat aktif melaporkan siapa -siapa yang kontak langsung dengan pasien agar segera melakukan isolasi mandiri. 
"Karena kita juga tidak mampu untuk melacak semua orang yang kontak langsung dengan pasien," tuturnya. 
Untuk itu ia sangat mengharapkan kepada masyarakat sekitar yang merasa dan pernah kontak langsung dengan yang bersangkutan agar dapat melaporkan diri ke Puskesmas terdekat. 
Sementara itu Adam Kepala Desa Sukamaju Kecamatan Putussibau Selatan mengatakan, hari ini memang ada penyemprotan dari tim gugus tugas penanganan Covid - 19.
"Tadi itu yang disemprot adalah rumah pasien Covid - 19, seluruh rumah yang ada di desa Sukamaju, tempat umum dan ibadah," ujarnya. 
Adam mengatakan, pihaknya untuk sementara belum ada kesepakatan untuk melakukan lock down daerahnya, hanya saja pihaknya sudah menyampaikan kepada masyarakat sekitar agar tidak bepergian kemana - mana dan dirumah saja selama 14 hari. "Ini dilakukan supaya perkembangan virus Corona tidak meluas, " ucapnya.  

Rumah ibadah di Desa Sukamaju Kecamatan Putussibau Selatan ikut dilakukan penyemprotan disinfektan oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid- 19 Kapuas Hulu, Minggu (26/4)

Lanjut Adam, untuk keluarga pasien Covid  - 19, hingga hari ini masih berada dirumahnya dan direncakan besok dilakukan pemeriksaan kesehatannya. "Kita sangat berharap Pemda, terutama dinas Kesehatan, agar segera melakukan pemeriksaan kesehatan menggunakan rapid test terhadap keluarga pasien Covid - 19," harapnya. 
Selain itu Adam berharap di desanya ada Posko Penangan Covid Covid - 19, soalnya mereka cukup kewalahan dalam melakukan pengawasan terhadap masyarakat. "Soalnya saat ini masyarakat kita disini agak ketakutan, mereka sudah takut untuk keluar rumah," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 8759785836732392712

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item