Terdakwa Kasus Dugaan Korupsi Rumdis Pemkab Kapuas Hulu Tambul Husein jadi Tahanan Rumah

pena iklan

Manalu 

Penakapuas.com - Abang Tambul Husein mantan Bupati Kapuas Hulu terdakwa kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengadaan tanah pembangunan rumah dinas Pemkab Kapuas Hulu tahun 2006 kini menjadi tahanan rumah.
Hal ini setelah dikabulkannya permohonan pengalihan tahanan terdakwa melalui pengacaranya kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tipikor Pontianak, melalui sidang secara online, Senin (13/4).
"Alasan pengalihan tahanan terdakwa ini karena usia dan pandemi Corona," kata Martino Manalu Kasi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu, Senin (13/4).
Manalu menjelaskan, sebelum dikabulkannya pengalihan mantan Bupati Kapuas Hulu ini, yang bersangkutan melalui pengacaranya sudah mengusulkan pengalihan tahanan kepada majelis hakim seminggu yang lalu.
Sehingga pada sidang onlien terdakwa hari ini yang dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Hakim yaitu Riya Novita yang didampingi oleh anggota majelis hakim Moch Ikhwanudi dan Bhudi Kuswanto akhirnya dikabulkan menjadi tahanan rumah.
"Mulai hari ini terdakwa tidak lagi berada di Rutan Pontianak dan sudah menjadi tahanan rumah," ujarnya.
Lanjut Manalu, sebelumnya terdakwa yang lain yakni Mustaan F Harlan juga pernah mengusulkan permohonan pengalihan tahanan ke majelis hakim, hanya saja yang bersangkutan mencabutnya kembali. "Kami juga tidak tahu apa alasan beliau mencabutnya," tuturnya.

Sidang online Abang Tambul Husein mantan Bupati Kapuas Hulu terdakwa kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengadaan tanah pembangunan rumah dinas Pemkab Kapuas Hulu tahun 2006, Senin (13/4) 

Manalu mengungkapkan, untuk sidang terdakwa Tambul Husin ini sudah ada belasan kali, dalam waktu dekat nanti terdakwa kembali menjalani sidang yakni sidang pemeriksaan para ahli yang meringankan dari pihak terdakwa.
"Untuk putusannya pun kita belum tahu kapan, karena ini masih berproses," ucapnya. 
Sambung Manalu, untuk terdakwa sendiri sudah ditahan sejak 4 Nopember 2019 hingga 13 April 2020. Abang Tambul Husein sendiri dalam kasus ini terancam maksimal kurungan penjara 20 tahun. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 7968908735977428021

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item