Takut COVID - 19, WNA di Kapuas Hulu Banyak Pulang Kampung

pena iklan


Angga 

Penakapuas.com - Takut tertular penyebaran COVID - 19, sebanyak 34 Warga Negara Asing (WNA) di Kapuas Hulu memilih pulang kampung ke negara asalnya masing - masing. Dari 46 WNA yang terdata di Kantor Imigrasi Kelas III Putussibau, sebanyak 12 WNA yang masih bertahan di Kapuas Hulu. 
Angga Kasubsi Teknologi informasi, Intelijen dan Penindakan Kemigrasi Imigrasi Kelas III Putussibau mengatakan, 12 WNA yang masih ada di Kapuas Hulu ada yang berasal dari Austria 1 orang, Jerman 1 orang, Malaysia 3 orang, Amerika Serikat 6 orang dan Korsel 1 orang. 
"Semuanya WNA yang ada disini memegang Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS). Sehingga mereka ini bebas masuk lagi ke Kapuas Hulu," katanya, Jumat (3/4).
Angga menjelaskan, dari 46 WNA di Kapuas Hulu ini, mereka ini ada yang bekerja di perusahaan dan ada yang sebagai misionaris. Sehingga setiap mereka pulang pun harus lapor ketempat dimana mereka berada. "Misalnya WNA yang bertugas sebagai misionaris jika ingin pulang harus lapor ke koordinator di Pontianak. Kemudian bagi WNA yang bekerja di perusahaan jika ingin pulang minimal mereka lapor ke pimpinannya. Barulah kami koordinasi dengan pimpinan mereka sebagai bentuk koordinasi keberadaan WNA tersebut, " jelasnya. 
Lanjut Angga, keberadaan WNA di Kapuas Hulu ini sebelum wabah Corona ini merebak. Terkait kepulangan beberapa WNA ke negara asalnya ini pun disebabkan karena kekhawatiran mereka terhadap wabah Corona dan khawatir juga terhadap negara Indonesia yang melakukan pelarangan mereka untuk pulang ke negara asalnya. 
"Jadi sebelum negara kita melakulan Lockdown, mereka memilih untuk kembali ke negaranya terlebih dahulu," pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4354653956650249580

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item