9.443 Warga Kapuas Hulu Terdampak Covid - 19 Akan Terima Bansos Tunai

pena iklan

Bantuan Tunai dari Pemerintah Pusat (Ilustrasi)

Penakapuas.com - Sebanyak 9.443 warga di Kabupaten Kapuas Hulu bakal menerima Bantuan Sosial (Bansos) tunai sebesar Rp600 ribu per bulan selama tiga bulan bagi keluarga miskin, keluarga tidak mampu dan warga yang terkena dampak wabah pandemi COVID-19.
"Penerima Bansos ini yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, namun bagi mereka yang tidak menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) maupun program sembako (BNPT)," kata Suzana Kasi Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kapuas Hulu, Rabu (22/4).
Suzana menegaskan, penerima Bansos tunai sebanyak 9.443 ini bukanlah pihaknya yang mengeluarkan, melainkan dari Kementrian Sosial, sementara dari pihaknya hanya menerima data tersebut untuk dilakukan ferivikasi faktual nantinya oleh pihak Kecamatan dan desa.
"Saat ini dari pihak kecamatan dan desa sudah kita minta untuk melakukan pendataan dan verifikasi faktual terhadap warganya yang belum pernah mendapatkan bantuan agar segera disampaikan ke pihaknya," ujarnya.
Lanjut Suzana, pihaknya sendiri belum tahu secara pasti kapan dana Bansos tunai tersebut cair, pihaknya hanya diminta untuk melakukan pendataan saja. "Kita juga belum tahu apakah dana Bansos tersebut diambil di kantor pos atau dimana. Dalam bentuk apa untuk mengambil Bansos tersebut, kita juga kurang tahu. Kita masih menunggu perkembangan selanjutnya," ujarnya.
Maka untuk itu pihaknya sangat mengharapkan bantuan dari desa agar benar - benar melakukan pendataan bagi penerima Bansos ini. "Karena dari desalah yang tahu, siapa warganya yang belum dan sudah mendapatkan bantuan pemerintah. Kami ini hanya menerima data desa saja, " ucapnya.
Sambung Suzana, selama ini pihaknya selalu disalahkan masyarakat karena dianggap tidak tepat sasaran menyalurkan bantuan pemerintah. "Padahal bantuan yang disalurkan tersebut semua datanya berasal dari desa, sehingga ketika ada masyarakat yang tidak mampu mendapatkan bantuan, harusnya mereka komplainnya ke desa, bukanlah ke kami," pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 749771724993346506

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item