Puskesmas Kalis jadi Rujukan Pasien OTG Covid - 19

pena iklan pena iklan

Tim Gugus Penanganan Covid- 19 Kabupaten Kapuas Hulu dan Kecamatan Kalis saat memantau Puskesmas Kalis yang akan dijadikan tempat rujukan bagi pasien OTG Covid - 19, Rabu (29/4)

Penakapuas.com - Adanya kabar masyarakat Kalis yang tidak sependapat jika Puskesmas Kalis dijadikan tempat rujukan dalam penanganan Pandemi virus Corona diluruskan oleh Tim gugus tugas pencegahan dan penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas Hulu, lantaran pendapat tersebut dikemukakan di media sosial.
M. Nazaruddin tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kapuas Hulu menjelaskan bahwa, Puskesmas Kalis sebagai tempat lapisan kedua, jika rumah sakit Achmad Diponegoro Putussibau terjadi overload kapasitas, terutama ruangan Anggrek yang dijadikan ruangan khsus untuk isolasi Covid-19, apabila disitu sudah penuh diarahkan ke gedung Puskesmas Kalis.
"Yang dipakai gedung baru, itupun untuk yang gejala ringan ataupun yang Orang Tanpa Gejala (OTG) tapi hasil rapid tesnya reaktif, kalau hasil swab positif, tapi tanpa gejala juga bisa diarahkan kesana," terang M. Nazaruddin.
Lebih lanjut Nazaruddin menjelaskan, kalau di rumah sakit itu memang untuk orang dengan keluhan, yang memerlukan peralatan dan perawatan. Nazaruddin menjelaskan bahwa informasinya memang ada masyarakat yang khawatir, jika Puskesmas dijadikan rujukan.
"Warga takut menular jika digunakan, tidak semua warga menolak. Maka kita dari gugus tugas bidang advokasi dan sosialisasi berangkat kesana yang diketuai Asisten II Setda Kapuas Hulu memberikan penjelasan," ulasnya.
Sementara itu Camat Kalis Supriyadi menjelaskan, selaku tim gugus tugas Covid-19 di Kecamatan, dirinya mengharapkan masyarakat bisa menerima informasi jelas melalui Posko penanganan Covid-19.
"Bahwasannya pasien yang dirujuk ke Puskesmas Kalis gedung baru itu hanya ada gejala yang menjurus ke positif, OTG, ODP. Kalau masyarakat mau jelas informasi bisa datang ke posko Dinas Kesehatan," saran Camat.
Dikatakan Supriyadi, lokasi Puskesmas gedung baru itu juga jauh dari pemukiman warga, namun dirinya tetap menghimbau masyarakat tetap menjaga diri jangan panik.
"Yang penting bilamana kurang paham datang ke Posko Dinkes KH, kita saling berkoordinasi membantu pemerintah menangani Covid-19," pinta Camat.
Camat memastikan bahwa gugus tugas siap membantu masyarakat yang dalam kondisi ODP, karena sebagai umat manusia wajib saling tolong menolong.
"Dalam komitmen kami pemerintah kecamatan memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena ini virus wabah yang memerlukan penanganan serius," ucap Supriyadi. 
Supriyadi juga menyampaikan ke tim gugus tugas kabupaten, mudahan segera dari diterbitkan surat penunjukan jika Puskesmas Kalis menjadi rujukan kedua.
"Puskesmas Kalis siap menerima, kami sebagai ketua gugus tugas kecamatan tetap menjalankan itu," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item