Pemkab Kapuas Hulu Siapkan Lima Hektare Lahan untuk TPA Sampah

pena iklan

Adji Winursito 

Penakapuas.com - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu menyiapkan lima hektare lahan untuk dijadikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah sebagai salah satu upaya memaksimalkan pengelolaan sampah di daerah itu.
" Saat ini pembelian lahan TPA di Kecamatan Kalis sedang berproses, kita siapkan dananya itu kurang lebih Rp1 miliar," kata Adji Winursito Kabag Pertanahan Sekretariat Pemkab Kapuas Hulu, Selasa (14/4). 
Adji mengungkapkan lahan tersebut disiapkan sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dalam menangani sampah di Kapuas Hulu.
"Lahan TPA yang sudah disediakan sudah siap dan cocok untuk lokasi TPA atas hasil telaahan Bappeda," ucapnya. 
Lanjut Adji, untuk posisi TPA yang disediakan Pemkab Kapuas Hulu yang ada di Kecamatan Kalis tersebut, posisinya lumayah jauh dari jalan raya yakni satu kilometer dan jauh dari pemukiman, maka dipastikan tidak akan menganggu kenyamanan masyarakat sekitar. 
"Lokasi TPA tersebut arahnya di belakang kantor Camat Kalis," tuturnya. 
Lanjut Adji, sejauh ini memang Pemkab Kapuas Hulu sudah memiliki lahan TPA yang ada di Desa Sibau Hulu, namun sepengetahuan dirinya lahan tersebut bukanlah milik Pemkab Kapuas Hulu. 
"Untuk pembangunan TPA nya, kita kurang tahu secara pasti. Yang jelas lahan yang kita beli sudah siap. Untuk pembangunan TPA tergantung dari Dinas Cipta Karya. Kita hanya menyiapkan lahannya saja," ungkap Adji. 
Sambung Adji, sebelum pembelian lahan TPA tersebut sebelumnya sudah melalui usul dari OPD dan dari OPD tersebut membutuhkan dan disertai telaahan teknis terkait lahan dan lain - lain. "Pengadaan lahan ini sudah berproses dari tahun kemarin. Kita juga bekerja sama dengan BPN untuk membuat peta bidang tanah, juga dengan appraisal untul penaksiran harga tanah," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item