Kejari Kapuas Hulu Terima SPDP Narkotika Pengidap HIV- AIDS

pena iklan

Bayu

Penakapuas.com - Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari Polres Kapuas Hulu terkait kasus narkotika SD alias AL yang merupakan warga Pontianak Kalbar yang mengidav HIV - AIDS, Senin (16/3).
AL yang ditangkap lantaran kedapatan menggunakan narkotika jenis sabu seberat 0,7 gram di kontrakannya Kelurahan Kedamin Hulu Kecamatan Putussibau Selatan, Rabu (11/3) lalu. Yang bersangkutan tidak dilakukan penahanan karena pihak kepolisian lebih mengedepankan Hak Asasi Manusia (HAM) yang bersangkutan.
"Untuk yang bersangkutan saat ini penahannya ditangguhkan, mengingat yang bersangkutan harus rutin minum obat," kata Bayu Kasi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu, Kamis (16/4).
Bayu mengungkapkan, jika tersangka ini dilakukan penahanan tentunya dikhawatirkan akan membahayakan orang lain yang berada dekatnya, mengingat sakit yang diidap tersangka sangat bahaya. "Maka dari itu, pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian bagaimana mencari jalan keluar penyelesaian perkara ini," ucapnya.
Lanjut Bayu, selama perkara ini masih berada di pihak kepolisian, sebelumnya dari penyidik Polres Kapuas Hulu juga agak khawatir dengan tersangka setelah mengetahui yang bersangkutan mengalami penyakit HIV - Aids.
"Saya sempat dapat cerita dari Kasat Narkoba, ketika tersangka ini akan ditangkap, dia berteriak jika dirinya mengidap HIV - AIDS. Namun saat penangkapan tersebut polisi tidak percaya, namun setelah dicek kesehatannya teryata benar," cerita Bayu.
Sambung Bayu, untuk perkara ini, akan berjalan sesuai prosedur. Maka dari itu pihaknya tinggal menunggu pemberkasan dari penyidik kepolisian. Sehingga perkara ini bisa dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Putussibau. "Tersangka sendiri bakal dikenakan pasal 112 ayat 1, pasal 127 ayat 1 tentang UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 6513085374537057339

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item