Instruksi Pusat, Pemkab Kapuas Hulu Potong 50 Persen Anggaran untuk Penanganan Covid-19

pena iklan

Sekda Kapuas Hulu Mohd Zaini bersama istri

Penakapuas.com - Selain realokasi dan refocussing Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) untuk Covid-19, pemerintah pusat juga menekankan kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk melakukan penyesuaian anggaran secara menyeluruh. Terutama penyesuaian anggaran di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kapuas Hulu. 
Perintah penyesuaian anggaran tersebut berdasarkan PMK No. 35/PMK.07/2020 tentang  Pengelolaan Transfer ke Daerah & Dana Desa TA. 2020 dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 dan atau menghadapi ancaman yg membahayakan perekonomian.
"Pemotongan anggaran OPD memang belum terealisasi, namun pihaknya sudah menghitung jumlah anggaran yang bakal dipotong oleh Pemerintah Pusat sebesar Rp194,6 miliar," kata Mohd Zaini Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Senin (20/4). 
Sekda mengungkapkan, dipotongnya anggaran OPD sebesar 50 persen, memang belum terealisasi, namun pemotongan akan tetap dilakukan. Semua OPD tetap bakal menyesuaikan pemotongan anggaran tanpa terkecuali. 
"Sekarang kita sudah menyampaikan surat edaran kepada kepala OPD untuk melakukan penyesuaian sebesar 50 persen dari pagu awal mereka," ucapnya. 
Lanjut Sekda, dengan adanya pemotongan anggaran di OPD sebesar 50 persen, maka sudah dipastikan kegiatan pembangunan yang diprogramkan oleh OPD terganggu. 
"Maka kita bingung sekarang karena berdasarkan PMK tersebut yang dipotong pemerintah pusat sekitar 12 persen, sedangkan 38 persen digeser untuk  penanganan Covid - 19," pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 5604420379143718563

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item