Di Kapuas Hulu Tidak Ada Pendaftar Kartu Pra Kerja

pena iklan

Pendaftaran Program Kartu Pra Kerja (ilustrasi)

Penakapuas.com - Kartu Pra Kerja menjadi salah satu dari sederet program pemerintah untuk mengatasi dampak dari COVID-19. Program ini diharapkan mampu menampung para pekerja yang terkena PHK maupun UMKM yang kehilangan pendapatannya.
Namun sayangnya program Kartu Pra Kerja ini seperti agak kurang diminati atau untuk mendaftar program ini agak sulit.
Seperti yang terjadi di Kabupaten Kapuas Hulu, usai membuka pendaftaran Program Kartu Pra Kerja gelombang pertama beberapa hari yang lalu, kini Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Perindustrian Kapuas Hulu kembali membuka pendaftaran yang sama untuk gelombang kedua.
Namun sayangnya, meskipun pendaftaran kartu pra kerja dibuka hingga gelombamg kedua, sampai hari ini pun belum ada satu pun masyarakat Kapuas Hulu yang mendaftar.
"Padahal kita juga sudah sosialisasi dan menyurati pihak kecamatan se Kapuas Hulu agar mereka memberitahukab kepada masyarakatnya bisa mendaftar pra kerja ke dinas tenaga kerja," kata Iwan Setiawan Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Perindustrian Kapuas Hulu kemarin.
Jika melihat belum ada yang mendaftar program pra kerja ini kata Iwan, nampaknya program ini tidak terlalu diminati oleh masyarakat Kapuas Hulu. "Tapi kalau kita lihat di daerah Jawa, banyak masyarakat disana mendaftar program pra kerja ini," herannya.
Lanjut Iwan, ada tiga kriteria untuk lolos administrasi Kartu Pra Kerja yakni Warga Negara Indonesia (WNI), usia di atas 18 tahun dan tidak sedang bersekolah atau menempuh pendidikan dan masyarakat yang lolos pendaftaran nanti ialah orang - orang yang tidak pernah mendapatkan Bantuan Sosial Pemerintah sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.
"Jadi saya agak pesimis dengan kartu pra kerja ini, soalnya pasti banyak masyarakat kita tidak masuk kriteria mendapatkan kartu pra kerja. Terutama bagi mereka yang tidak pernah mendapatkan Bansos pemerintah. Soalnya saya yakin rata - rata masyarakat kita banyak yang dapat bansos pemerintah, mulai dari PKH, Bantuan Sembako reguler dan lainnya, " pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 1442731105181813621

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item