COVID- 19 jangan Jadi Alasan Perusahaan Pecat Karyawan

pena iklan

Iwan Setiawan

Penakapuas.com - Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Industri Kabupaten Kapuas Hulu meminta perusahaan yang menanamkan modalnya di Bumi Uncak agar tetap mempertahankan karyawannya saat pandemi virus Corona atau COVID-19.
"Jangan sampai karena wabah Covid - 19 ini menjadi alasan perusahaan untuk mem PHK kan karyawannya, " kata Iwan Setiawan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Industri Kabupaten Kapuas Hulu kemarin.
Iwan mengatakan, hingga hari ini pihaknya belum ada mendapatkan laporan tentang adanya perusahaan yang melakukan pemecatan maupun pengurangan jam kerja terhadap karyawannya. "Kita juga sudah kelapangan mengecek apakah ada perusahaan yang melakukan pemecatan karyawan, fakta dilapangan belum ada," ujarnya.
Iwan mengungkapkan, di Kapuas Hulu ini banyak perusahaan mulai dari Sawit, minimarket dan lainnya. Hanya saja, yang paling banyak mempekerjakan masyarakat Kapuas Hulu ialah perusahaan sawit.
"Sebelumnya juga kita ingatkan kepada semua perusahaan agar patuh dengan komitmen awal saat akan berinvestasi di Bumi Uncak Kapuas yakni agar tidak melakukan pemecatan terhadap karyawan. Jika mereka melanggar komitmen ini tentu kita akan peringatkan dan beri mereka sanksi," tegasnya.
Dikatakan Iwan, keputusan PHK hanya akan menambah beban karyawan. Terutama terhadap kehidupan sosial dan ekonominya para karyawan.
"Kami tahu ini masa-masa sulit dan terpuruk bagi sebagian besar perusahaan. Karyawan masih bisa dipekerjakan dengan perjanjian yang disetujui kedua belah pihak," tuturnya.
Untuk itu Iwan menghimbau kepada masyarakat maupun karyawan di suatu perusahaan agar dapat melaporkan jika ada indikasi perusahaan yang mulai bertingkah untuk melakukan pengurangan karyawan maupun jam kerja, sehingga pihaknya mengetahuinya dan bertindak cepat untuk melaporkan ke Bupati. "Untuk karyawan jangan takut untuk melaporkan perusahaan," pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 6995538650982074038

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item