92 Kades di Kapuas Hulu Dilantik di Tengah Wabah Corona

pena iklan pena iklan

Perwakilan Kepala Desa di Kapuas Hulu saat dilantik dan diambil sumpahnya dalam pelantikan Kepala Desa se Kapuas Hulu, Jumat (18/4)

Penakapuas.com  - Disaat wabah Corona tengah melanda daerah, Bupati Kapuas Hulu AM Nasir melantik 92 kepala desa (Kades) terpilih hasil pemilihan kades serentak 2020 yang dilaksanakan pada pertengahan Maret lalu. Pelantikan Kades berlangsung di Aula kantor Bappeda Kapuas Hulu, Jumat (17/4/2020) pagi. Prosesi pelantikan kali ini berbeda dari biasanya, lantaran masih pandemi virus corona (Covid-19.
Untuk itu hanya diambil tiga orang perwakilan masing-masing dari setiap agama untuk diambil sumpah janji jabatan sebagai Kades, sedangkan kades terpilih lainnya mengikuti secara live streaming dari kecamatan masing - masing.
Hadir Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero, Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu, Sekda Kapuas Hulu, Kapolres, Dandim 1206/Psb, Kejaksaan Negeri Kapuas Hulu, Pengadilan Negeri Putussibau, Danyon RK 644/Wls.
Usai mengambil sumpah janji jabatan Kades terpilih, Bupati Kapuas Hulu AM Nasir menyampaikan ucapan selamat kepada Kades terpilih.
"Laksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik. Terimakasih kepada mantan kades, ataupun kades yang belum terpilih kami ucakpan terimakasih atas partisipasi dalam Pilkades serentak lalu," ucap AM Nasir.
AM Nasir menjelaskan, pelantikan Kades kali ini tidak bisa dilaksanakan sebagaimana biasa ini, karena tidak dibolehkan menggelar pertemuan tatap muka yang melibatkan banyak orang.
"Namun melalui live streaming ini tidak mengurangi makna pelantikan yang kita laksanakan. Mengingat masih dalam upaya pencegahan pandemi Covid-19 yang melanda negara kita dan belahan negara," ungkap Nasir.
Dikatakan Nasir, perlindungan dan pencegahan ini menjadi perhatian sangat penting, agar semua masyarakat Kapuas hulu terhindar dari Covid-19.
Lebih lanjut Nasir menambahkan, pengambilan sumpah janji dan pelantikan Pilkades serentak berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, dan Permendagri tahun 2015, tentang pengangkatan dan pemberhentian kepala desa.

Penandatanganan fakta integritas oleh Kades yang baru dilantik oleh Bupati Kapuas Hulu AM Nasir, Jumat (18/4)

"Bagi para Kades terpilih, beberpaa persoalan penting yang harus menjadi perhatian kita semua, bahwa jabatan kades adalah jabatan yang diperoleh dari pemilihan langsung dari masyarakat," tutur AM Nasir.
Karenanya, jabatan amanah besar masyarakat yang ditipkan kepada Kades terpilih harus digunakan secara benar dan penuh tanggungjawab, sesuai undang-undang yang berlaku dan bermanfaat bagi masyarakat.
"Dalam Pilkades tentu ada dukungan kepada calon terpilih dan calon lain, maka tugas calon kades terpilih harus merekat kembali persaudaraan semua masyarakat maupun calon lainnya yang belum terpilih dalam membangun desa, dan desa membangun di Kapuas Hulu," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 6784808227136302242

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item