55 Perkara Dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Putussibau

pena iklan

Bayu Kasi Pidum Kejari Kapuas Hulu 
 
Penakapuas.com - Dari data tanggal 16 April 2020, Bidang Pidana Umum Kejari Kapuas Hulu sudah melimpahkan 55 perkara ke Pengadilan Negeri Putussibau. Dari 55 perkara yang dilimpahkan tersebut tidak semua Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) di tahun 2020, namun juga ada SPDP 2019 yang dilanjutkan tahun ini. "Banyak perkara yang kita limpahkan, ada Judi, Narkoba, Perlindungan Anak,  Penganiayaan dan lainnya," kata Bayu Kasi Pidum Kejari Kapuas Hulu belum lama ini.  
Bayu mengungkapkan, ada perkara yang belum pernah mereka limpahkan ke Pengadilan Negeri Putussibau, padahal perkara tersebut sudah berjalan di kepolisian. 
Dirinya pun mencontohkan perkara yang belum pernah dilimpahkan ke pengadilan ialah terkait perkara UU Perlindungan Konsumen yang disidik pihak kepolisian. "Perkara tersebut ada 6 ditempat kami, semua berkasnya saya kembalikan ke mereka, karena saya anggap belum memenuhi syarat formil dan materil," ujarnya. 
Bayu menyebutkan, perkara UU Perlindungan Konsumen, kebanyakan dari pihak kepolisian mengamankan barang - barang selundupan dari Malaysia. Untuk perkara ini sebenarnya berkasnya sudah lama dikembalikan sekitar bulan Januari 2020 lalu. Sementara penangguhan penahanan pelaku sudah habis. 
"Kami tetap meminta kasus ini terus dilanjutkan, karena sudah P-19 (Pengembalian Berkas Perkara untuk Dilengkapi) hingga benar - benar berkas perkara ini lengkap," ujarnya. 
Lanjut Bayu, pihaknya juga sudah menyampaikan surat P20 (Pemberitahuan bahwa Waktu Penyidikan Telah Habis) kepada Polres Kapuas Hulu. "Maka dari itu kita harap perkara yang kami ajukan P19 ke pihak kepolisian ini tetap jalan sebelum ada SP3. Soalnya dirinya sudah memberikan tembusan ke Polda Kalbar soal perkara - perkara UU Perlindungan Konsumen yang masih belum lengkap berkasnya dari Polres Kapuas Hulu. 
" Kita tinggal menunggu respon Polda Kalbar saja. Bukan hanya kasus UU Perlindungan Konsumen ini saja, tapi kasus yang lain juga ada kita berikan tembusan ke Polda Kalbar," jelasnya. 
Bayu sangat mengaharapkan kerjasamanya dari pihak kepolisian maupun Kejari Kapuas Hulu dalam menyelesaikan perkara untuk dilimpahkan ke pengadilan, sehingga perkara - perkara yang mandet ini tidak selalu menjadi tunggakan kasus bagi pihaknya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4087966419219955802

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item