268 PAUD di Kapuas Hulu

pena iklan

Muhammad Suhada 

Penakapuas.com - Muhammad Suhada Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu menyebutkan di Kapuas Hulu baru ada 268 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Lembaga PAUD yang terdiri dari Taman Kanak - Kanak, Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak dan satuan PAUD sejenisnya. 
"Masih ada 53 desa di Kapuas Hulu yang belum ada PAUD," katanya, Senin (13/4). 
Jika dirinci lagi kata Suhada, dari 268 PAUD yang ada ini, hanya 140 yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Menurutnya PAUD ini wajib harus memiliki NPSN, alasanya karena jika PAUD ada NSPN, maka memudahkan mereka mendapatkan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dari Kementrian Pendidikan. 
"Kalau kita ada 130 PAUD yang sudah mendapatkan BOP, tentunya PAUD ini sudah terdata di Dapodik," ucapnya. 
Suhada mengungkapkan, selama ini kenapa belum semua desa memiliki PAUD, hal ini dikarenakan minimnya sumber daya manusia yang ingin mengelola PAUD, apalagi jika PAUD tersebut berada di daerah terpencil. " Selain itu semua tergantung desanya itu sendiri bagaimana mau memajukan pendidikan di desa mereka," ujarnya. 
Lanjut Suhada, untuk mendirikan PAUD saat ini memang agak rumit, dimana harus segala izin operasional sekolah, barulah pihaknya mengajukan ke Kementrian Pendidikan Nasional agar PAUD tersebut bisa mendapatkan NPSN.
"Makanya jika desa ingin membangun PAUD, mesti kordinasi dengan dinas pendidikan, sehingga kami bisa memberikan gambaran," ujarnya. 
Selain itu Suhada juga mengimbau pada masyarakat agar dapat memberikan rangsangan pendidikan yang dimulai dari jenjang yang paling bawah, bahkan didalam aturan bahwa anak itu diberikan rangsangan 1000 hari kelahiran. "Sehingga anak tumbuh sesuai usianya. Mereka juga diupayakan memberikan pendidikan adaptasi dan bersosialisasi sesama mereka sesuai usianya," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 6179751046313563327

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item