Virus Corona, Dinkes Kapuas Hulu IngatkanTiga Rumah Sakit

pena iklan
 
Rumah Sakit Semitau 

Penakapuas.com - Dinas Kesehatan Kapuas Hulu mengingatkan kepada tiga rumah sakit yang ada di Kapuas Hulu yakni RSUD Ahmad Diponegoro Putussibau, Rumah Sakit Bergerak Badau dan Rumah Sakit Semitau agar tidak mengambil resiko dalam menangani pasien yang tersuspect positif virus corona covid-19.
"Kalau ada pasien yang sesuai kriteria Covid - 19 langsung dirujuk ke rumah sakit rujukan yang sudah ditunjuk Kemenkes RI," kata Herberia Karo Sekali Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu via Whatsapp, Jumat (6/3). 
Herberia menjelaskan, kenapa rumah sakit di Kapuas Hulu tidak ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan dalam penanganan kasus Corona ini karena dari Kemenkes RI sudah melihat ketenagaan dan fasilitas rumah sakitnya. "Karena kita tidak punya ruang isolasi yang bertekanan negatif," ujarnya. 

Rumah Sakit Bergerak Badau 

Untuk itu kata Herberia, bagi tiga rumah sakit di Kapuas Hulu yang menemukan masyarakat yang positif virus covid-19 untuk langsung dirujuk ke rumah sakit rujukan yang sudah ditentukan. 
" Di Kalbar itu ada beberapa rumah sakit yang sudah ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan dalam penangan kasus corona yaitu rumah sakit Sintang, Sudarso Pontianak dan rumah sakit di Singkawang," jelasnya. 

RSUD Ahmad Diponegoro Putussibau 

Untuk itu Herberia mengimbau juga kepada rumah sakit di Kapuas Hulu agar lebih  ketat dalam memeriksa penderita terutama yang menunjukkan gejala demam, batuk disertai sesak nafas. "Harus dipertanyakan riwayat perjalanannya. Dan apabila ada riwayat perjalanan ke negara tertular maka ditanya kembalinya kapan dari daerah tertular. Dan selanjutnya rumah sakit dapat mengikuti petunjuk teknis penanganan Covid - 19. Yang setiap rumah sakit sudah ada," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 7657488817159757844

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item