Penanganan Sampah di Kapuas Hulu Belum Maksimal

pena iklan

Armada pengangkutan sampah di Dinas Lingkungan Hidup Kapuas Hulu jumlahnya masih sangat terbatas sehingga pelayanan kepada masyarakat belum maksimal 

Penakapuas.com - Berbicara tentang lingkungan, tidak lepas dari penanganan sampah. Hal ini sangat berkaitan erat ketika persoalan sampah yang tidak tertangani dengan baik akan menimbulkan pencemaran lingkungan masyarakat.
Di Kabupaten Kapuas Hulu, penanganan sampah dirasa belum maksimal dilakukan. Hal ini dilihat dari jumlah armada sampah yang masih minim dan sumber daya manusia yang belum memadai. 
Fajar Kasi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kapuas Hulu mengatakan, pengelolaan sampah di Kapuas Hulu memang belum maksimal. 
"Hal ini karena jumlah armada kita masih minim," katanya, Kamis (5/3). 
Fajar menjelaskan, sejauh ini armada yang ada masih jauh dari memadai seperti Dumtruk hanya ada tiga unit. Truck Ambrol dua unit, Pickup 1 unit dan Tossa dua unit. 
"Dari jumlah armada yang ada ini, kondisinya ada yang menghawatirkan. Sehingga rawan digunakan dalam operasional," ujarnya. 
Fajar mengatakan, tak hanya masalah armada yang minim, dalam pengelolaan sampah di Kapuas Hulu mereka juga mengeluhkan tingginya biaya operasional sehingga membuat pelayanan kepada masyarakat belum maksimal. 
"Biaya operasinal pengelolaan sampah ini tidak sebanding dengan anggaran yang diberikan," ucapnya. 
Maka dari itu kata Fajar, masalah sampah ini sebenarnya menjadi tanggung jawab seluruh elemen. Untuk itu sebagai dinas teknis pelaksana, pihaknya hanya mengharapkan adanya dukungan dari semua elemen. "Kita inginnya bagaimana pemangku kepentingan di Kapuas Hulu dapat mendukung segala sarana dan prasarana di tempat kami dalam pengelolaan sampah. Sehingga kami bisa maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat, " harapnya.  
Lanjut Fajar, untuk di Kapuas Hulu rata - rata volume sampah yang mereka angkut sebanyak 17 ton perhari. Sejauh ini juga, untuk kesadaran masyarakat dalam membuang sampah sudah cukup tinggi. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan timbulan sampah di TPS.
" Hanya saja kita imbau kepada masyarakat untuk membuang sampah ke dalam tong. Jangan sampai berceceran juga dibawahnya, kasihan juga dengan petugas kami yang melakukan pengangkutan," pungkasnya. (taufiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 1258382173680469000

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item