Pemuda Punya Peran Penting dalam Pembangunan Bangsa

pena iklan

Sukiman 

Penakapuas.com - Sukiman Kabid Kepemudaan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu menyebutkan bahwa di Kapuas Hulu terdapat 8 organisasi pemuda dan terdapat 10 kelompok pemuda. Menurutnya pemuda mempunyai peran penting dalam pembangunan bangsa. Begitu juga peran pemuda di Kapuas Hulu yang memiliki peran dalam membangun  daerahnya. 
"Tiap tahun kami rutin melakukan pembinaan kepada mereka, seperti memberikan bantuan, menggelar pelatihan dan setiap ada program pasti melibatkan para pemuda," katanya,  Senin (23/3). 
Sukiman mengatakan, para pemuda di Kapuas Hulu menurutnya sudah memberikan peran dalam pembangunan Kapuas Hulu yakni memberikan masukan dan saran kepada pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan Kapuas Hulu. 
"Hanya saja kelemahan pemuda kita ada SDM masih kurang, pemuda kita disini belum mampu untuk membuka peluang usaha dalam wirausaha. Sementata untuk bidang politik dan sosial, pemuda kita sudah ada ambil bagian," ujarnya. 
Untuk itu kata Sukiman, mestinya generasi muda hendaknya menyadari bahwa mereka adalah andalan dan harapan bangsa yang sedang membangun untuk mengejar keterbelakangan.
 "Karena itu kegiatan generasi muda hendaknya dapat menunjukkan peran pelopor kaum muda dalam pembangunan. Pemuda adalah ujung tombak perubahan bangsa, maka peran pemuda dalam kondisi ini ialah terlibat langsung dalam memperbaiki keadaan bangsa atau terus belajar menjadi generasi mandiri sehingga bisa membangkitkan bangsa ini dari keterpurukan," jelasnya.
Lanjut Sukiman, bahwa peran dan fungsi pemuda sangat strategis. Yakni, sebagai kontrol sosial, kekuatan moral, dan agen perubahan yang bertanggung jawab dalam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). " Kemudian memperkokoh persatuan yang berbhineka tunggal ika. Serta, menumbuhkan patriotisme, dinamika budaya, dan prestasi," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 5225701813728167669

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item