PDP di Kapuas Hulu Negatif Corona

pena iklan

Ilustrasi 
Penakapuas.com - Satu Pasien Dalam Pemantauan (PDP) Corona di Kapuas Hulu dinyatakan sembuh setelah dilakukan rujuk ke RSUD Agoesjam Sintang. 
"Hasil pemeriksaan Laboratorium dari Litbangkes terhadap seorang wanita berusia 18 tahun dinyatakan negatif.  Saat ini kami sudah mengirim petugas melakukan penjemputan ke rumah sakit Sintang," kata Nazarudin Sekretaris Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Senin (30/3). 
Nazarudin menjelaskan, berdasarkan informasi Rumkit Sintang kondisi kesehatan pasien baik, dari hasil ronsen paru - parunya juga bersih. Maka untuk itu yang bersangkutan tetap langsung pulang kerumah, namun yang bersangkutan tetap masuk dalam kategori pemantauan. 
Nazarudin menceritakan awalnya PDP di Kapuas Hulu yang dirujuk ke Sintang bermula ketika yang bersangkutan memeriksa kesehatanya ke Rumkit Putussibau sendiri, ketika dilakukan anestesi memang menunjukan gejala - gejala yang mengarah ke Corona. 
"Ada semua gejala corona, seperti batuk, pilek, demam 39 derajat dan juga ada sesak nafas. Kemudian riwayat perjalanannya dari pontianak yang ada kasus Corona. Dengan pertimbangan tersebut pihak rumah sakit melakukan uji laboratorium terhadap pasien, dengan memeriksa darah, melakukan ronsen paru dan lainnya," jelasnya. 
Lanjutnya, pihaknya sebelumnya pun sudah mengkoordinasikan kepada rumah sakit Sintang untuk merujuk PDP Kapuas Hulu dan pihaknya pun sudah menyampaikan data pendukung. 
"Setelah menyampaikan data pendukung ke rumah sakit Sintang, kami pun disetujui untuk merujuk PDP ke Sintang," tuturnya. 
Dirinya pun mengharapkan kepada masyarakat agar tidak memberikan stigma negatif pada PDP sebelumnya karena itu akan menambah beban psikologi bagi pasien.  Jangan dikucilkan karena hasil Laboratorium menunjukan negatif. Sakitnya yang bersangkutan  tidak terkait Corona. 
"Saya mengajak masyarakat untuk  memberikan dukungan moril kepada pasien dan keluarga pasien," tuturnya. 
Selain itu kata Nazarudin, untuk pasien, bahwa pasien tetap dilakukan pemantauan oleh petugas kesehatan dan pasien harus melakukan isolasi sendiri. Pasien tetap melakukan PHBS, cuci tangan, dan juga pakai masker dan membatasi kontak satu meter. 
Selain itu Nazarudin mengimbau kepada masayarakat,  ketika ada petugas kesehatan melakukan pemantauan ke setiap ODP, masyarakat tak usah terlalu panik. Meskipun memakai Alat Pengaman Diri (APD). (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 3636345355594897781

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item