Merasa Dicurangi, Cakades Desa Teluk Aur Bakal Gugat Hasil Pilkades ke Pengadilan

pena iklan

Julkarnaen Calon Kepala Desa Teluk Aur Nomor 2

Penakapuas.com  - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kapuas Hulu pada 18 Maret 2020 tak semuanya berjalan mulus. Seperti pelaksanaan Pilkades di Desa Teluk Aur Kecamatan Bunut Hilir dianggap Panitia Pilkades dalam hal ini Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)  di TPS 1 Dusun Puring diduga melakukan kecurangan dan dianggap memihak terhadap salah satu calon. 
Untuk itu Calon Kepala Desa Teluk Aur yakni Julkarnaen akan melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Putussibau terkait hasil Pilkades di salah satu TPS. "Saya akan gugat hasil Pilkades di TPS 1 Dusun Puring ke Pengadilan karena suara saya banyak hilang karena dianggap rusak dan tidak sah," katanya, Jumat (20/3)
Pria yang disapa Jul ini menjelaskan Di TPS 1 Dusun Puring itu DPT nya 512, dirinya mendapatkan suara sebanyak 187, sementara lawannya yakni Suratno meraup suara 197 dan  surat suara yang rusak dan dianggap tidak sah da 115 suara. 
Jul yang mendapatkan nomor urut 2 ini mengatakan, kecurangan dalam Pilkades didesanya yang paling aneh ialah terkait kerusakan surat suara di TPS 1 Dusun Puring yang begitu banyak mencapai 115. Dimana surat suara yang rusak tersebut lebih banyak tercoblos di surat suara yang ada foto dirinya.
"Dari 115 surat suara yang rusak diperkirakan mencapai 80-90 surat suara miliknya. Kan ini aneh, di Pilpres saja tempat kami itu hanya 5-10 surat suara saja yang rusak," ucapnya. 
Untuk itu pria lulusan IAIN Pontianak ini menuntut panitia Pilkades agar surat suara yang rusak dibuka dan dicek kembali sejauh mana bentuk kerusakannya."Kita juga sudah pernah meminta panitia untuk transparan mana surat suara yang rusak dan dianggap tidak sah tersebut, namun mereka tidak berani untuk menunjukannya," kesalnya. 
Lanjut Jul, dirinya menduga kecurangan Pilkades didesanya ini sudah diatur secara Terstruktur, Sistematis dan Masif oleh lawannya nomor 1. "Apalagi panitia Pilkades di TPS 1 itu merupakan tim lawan politiknya," ujarnya. 
Menurut Jul, sebenarnya dirinya tidak akan pernah mempermasalahkan Pilkades didesanya tersebut, asalkan pelaksanaanya berjalan dengan murni. "Ini bukan soal kalah dan menang, tapi ini soal keadilan yang saya cari. Kalau caranya benar, meskipun saya kalah saya terima," ujarnya. 
Untuk itu dirinya sangat berharap kepada BPD, Pengawas Kecamatan maupun di Pemerintahan Desa Kapuas Hulu agar dapat menyelesaikan persoalan ini. "Saya inginnya, pelaksanaan Pilkades di TPS 1 Dusun Puring itu diulang," tuturnya. 
Perlu diketahui bahwa di Desa Teluk Aur Kecamatan Bunut Hilir terdapat 3 TPS yakni TPS 1 di Dusun Puring, TPS 2 Dusun Jaung 1 dan TPS 3 di Dusun Jaung 2. Dimana jumlah DPT sebanyak 692. 
TPS 1 Dusun Puring Calon Kades Nomor 1 atas nama Suratno meraih suara 197, sementara Calon Kades nomor 2 mendapatkan suara 187. Untuk TPS 2 Dusun Jaung 1 Calon Kepala Desa Nomor 1 meraup suara 70 dan nomor 2 mendapatkan 3 suara. Sementara TPS 3 Dusun Jaung 2 Cakades nomor 1 meraup suara 46, sementara Cakades nomor 2 mendapatkan suara 43. Sementata suara yang rusak dan dianggap tidak sah oleh panita Pilkades berjumlah 115. (taufiq) 

Advertisement

Related

Kapuas Hulu 6936397961898401566

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item