Memburu Kerja, Pencaker Membludak

pena iklan

Paulinus 

Penakapuas.com - Tak seperti biasanya, memasuki awal bulan 2020 para Pencari Kerja (Pencaker) di Kapuas Hulu jumlahnya membludak. Hal ini bisa dilihat dari data Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi Kapuas Hulu. "Sampai bulan Maret ini, jumlah Pencaker sudah 195 orang, ini artinya sudah ada 195 kartu  Tanda Pendaftaran Pencari Kerja (AK.1) yang kami keluarkan," kata Paulinus Kasi Pelatihan Produktifitas dan Penempatan Ketenagakerjaan pada Disnaker Kapuas Hulu,  Senin (9/3). 
Pria yang akrab disapa Totong ini mengungkapkan, membludaknya pemburu kerja di Bumi Uncak Kapuas ini dikarenakan  ada pembukaan lowongan pekerjaan di PT Kayu Multi Timber di Lungsa Putussibau Selatan. 
"Kita memang sudah bekerjasama dengan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan di Kapuas Hulu agar kartu pencari kerja dijadikan syarat bagi pelamar kerja," ujarnya. 
Lanjut Totong, untuk tahun 2019 kemarin, jumlah Pencaker hanya 200 orang. Untuk mengetahui para pencari pekerjaan tersebut sudah mendapatkan pekerjaan atau tidak, pihaknya mempunyai aplikasi Informasi Pasar Kerja (IPK). "Artinya kalau tak aktif mereka sudah diterima bekerja," ucapnya.
Lanjut Totong, bagi masyarakat yang ingin mencari pekerjaan diwajibkan untuk memiliki Kartu Tanda Penaftaran Pencari Kerja (AK.1) dan perusahaan pun mewajibkan AK.1 masuk dalam persyaratan mereka. 
" Tapi kenyataan tidak seperti itu, masih banyak perusahaan di Kapuas Hulu yang belum memberlakukan AK.1 ini sebagai syarat. Namun untuk perusahaan dalam kota sudah menerapkan AK.1," ujarnya. 
Sambung Totong, untuk mendapatkan AK.1 ini, sebenarnya prosesnya tidak rumit dan gratis mendapatkannya, dengan catatan syaratnya lengkap.
"Kita imbau dengan perusahaan agar setiap membuka lowongan pekerjaan hendaknya memberikan informasi ke Disnaker, dan harus mempersyaratakan kartu kuning  atau AK.1 ini. Sementara untuk pencari kerja, jika ingin informasi lowongan kerja dapat mempertanyakan informasi pekerjaan kesini," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 8344620555831735717

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item