Masyarakat Tiga Desa di Kapuas Hulu Sulit Dapatkan Sertifikat

pena iklan

Wilayah Transmigrasi di Kapuas Hulu 

Penakapuas.com - Honorius Sawing Kasi Hubungan Hukum Pertanahan BPN Kapuas Hulu menyebutkan ada tiga desa di Kapuas Hulu yang tanahnya tidak bisa diterbitkan sertifikat, karena ketiga desa tersebut masuk dalam kawasan. "Mereka ini warganya dari transmigran yang berada di Desa Kirin Nangka Embaloh Hilir, Desa Pala Gurung Mentebah dan Desa Suka Maju Mentebah," katanya, Rabu (11/3).
Sawing mengatakan, sampai kapan pun warga transmigrasi yang tinggal di tiga desa tersebut sulit untuk mendapatkan sertifikatnya jika daerah mereka belum lepas dari daerah kawasan. Ini berdasarkan pada instruksi Presiden tentang pelarangan pengsertifikan di kawasan pada tahun 2019. 
"Sampai hari ini kami tidak bisa menerbitkan sertifikat mereka, kecuali ada pelepasan kawasan dari kementrian terkait," ujarnya.  
Sawing mengungkapkan, dirinya sangat kasihan dengan masyarakat yang ada di tiga tersebut belum bisa mendapatkan penguatan hak milik tanahnya, padahal mereka sudah mulai tinggal di wilayah tersebut dari tahun 2005 - 2015. "Tapi kami tidak bisa berbuat banyak, sudah aturannya seperti itu. Mau bagaimana lagi," tuturnya. 
Sebelumnya kata Sawing, dari Dinas terkait pernah mengusulkan agar tiga desa tersebut wilayahnya dilepaskan dari kawasan sehingga masyarakatnya mendapatkan sertifikat. . 
"Selama ini masyarakat banyak yang salah kaprah dengan BPN terkait pelepasan kawasan tersebut. Untuk kewenangan pelepasan kawasan itu wewenang dari Bappeda setempat untuk mengusulkan pelepasan kawasan tersebut ke Kementrian terkaot. Sementara dari BPN ini hanya untuk penguataan hak milik tanah saja," pungkasnya.  (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 205015825304910081

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item