Malaysia Lockdown, Pengaruhi Kebutuhan Sembako di Perbatasan

pena iklan pena iklan
 
PLB Nanga Badau Indonesia kini sudah ditutup, hal ini mempengaruhi dampak ketersediaan sembako warga perbatasan, mengingat kebutuhan sembako warga perbatasan dipasok dari negari Jiran 

Penakapuas.com - Indonesia mulai merasakan dampak kebijakan Malaysia melakukan lockdown terkait pencegahan meluasnya penyakit menular virus Corona. Dampak yang paling terasa ialah warga yang tinggal berbatasan Indonesia - Malaysia . 
Dampak yang pertama kali dirasakan warga perbatasan yakni menipisnya stok sembako yang ada. 
"Untuk ketersediaan sembako di perbatasan sangat pengaruh, tapi sekarang belum begitu dirasakan sekali," kata Dansatgas Pamtas RI-Malaysia 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta belum lama ini. 
Hendra mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan sembako di perbatasan, para pengusaha untuk sementara membeli sembako ke Sintang dan Pontianak. 
"Sekarang PLB dan jalur tikus sudah tidak boleh dilalui lagi ke Malaysia. Sementara PLBN dan jalan tikus hanya buat warga kita yang dari Malaysia mau balik ke Indonesia saja," ucapnya. 
Ditambahkan Adenan Camat Badau mengatakan, stok sembako diwilayahnya diperkirakan masih aman dalam minggu ke depan. "Yang kurang hanya gas, gula dan telur," tuturnya. 
Untuk masalah ini kata Adenan, pihaknya sudah memberitahukan kepada Dinas terkait dan dari Pemkab akan mengadakan rapat untuk mencari solusi permasalahan ini. 
Sementara Ipda Egnasius Kapolsek Batang Lupar mengatakan, dari hasil pemantauan pihaknya, untuk sementara dalam satu minggu kedepan stok masih ada saat diumumkannya pemerintah menutup PLBN.
"Pengusaha Lanjak pun mengintenskan pengangkutan dari Badau, itu dilakukan mereka untuk antisipasi ketersediaan sembako kedepan," ucapnya. 
Egnasius mengungkapkan, di daerah Batang Lupar sendiri, khusus sembako sekitar 85 persen dari Malaysia. Akibat ditutupnya PLBN dan jalan tikus ke Malaysia, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat.  
Sementara itu Abang Chaerul Saleh Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu mengatakan, khusus daerah perbatasan, para Camat sedang melakukan pengecekan ketersediaan stok sembako. "Dalam situasi tertentu mungkin stok yang ada di Bulog akan dijadikan solusi, apakah operasi pasar murah atau ada grey khusus yang disiapkan di daerah perbatasan," paparnya. 
Selain itu kata Chaerul, disamping itu juga pemilik Izin Kawasan  Berikat diminta oleh Bupati untuk segera berfungsi."Pedagang di perbatasan selama ini juga ada membeli barang sembako ke Pontianak," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 8470200446833385718

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item