Divonis 6 Bulan Penjara, Keluarga Pelaku PETI Kapuas Hulu Tak Terima

pena iklan

Pelaku PETI di Kapuas Hulu saat dikawal polisi saat usai menjalani sidang di Pengadilan Negeri Putussibau, Rabu (18/3)
 
Penakapuas.com  -  Pengadilan Negeri Putussibau menggelar sidang putusan terhadap lima terdakwa pelaku Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI), Rabu (18/3). Pelaksanaan sidang pun berjalan aman dan tertib. 
Veronika Sekar Widuri Hakim Pengadilan Negeri Putussibau mengatakan, semua terdakwa dinyatakan bersalah karena melanggar pasal 158 UU RI No 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba. "Mereka semua divonis 6 bulan dengan denda 3 juta. Dengan catatan jika dendanya tidak dibayar maka dikenakan kurungan dua bulan,"katanya. 
Perempuan yang akrab disapa Sekar ini menjelaskan, selanjutnya mereka ini akan tetap berada dalam tahanan karena belum selesai tahanannya. 
"Sementara barang bukti para terdakwa seperti keset dimusnahkan, sementara, mesin dompeng dirampas untuk negara, terdakwa membayar biaya persidangan," ujarnya. 
 Lanjut Sekar, dari hasil putusan tadi, dari para terdakwa menerima putusan tersebut, hanya saja dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) masih berpikir selama 7 hari. 
Sementara itu Erik Anggota JPU mengungkapkan bahwa pihaknya masih berpikir untuk menerima putusan dari pengadilan tadi.  "Alasan pikir - pikir ini karena kami harus melaporkan hasil sidang hari ini secara berjenjang, kita masih menunggu petunjuk dari atasan," ucapnya. 
Sementara itu Mulyadi Perwakilan dari keluarga terdakwa mengaku tidak menerima hasil putusan hakim, namun mau bagaimana lagi karena kita masyarakat biasa,. "Kita keberatan dengan hasil putusan itu ialah adanya ketidakadilan dari penegak hukum, soalnya yang ditangkap ini adalah orang - orang yang benar - benar mencari makan," jelasnya. 
Lanjut Mulyadi yang juga Kades Bakong Permai Kecamatan Bunut Hulu  , dirinya pun mempertanyakan hukum di Kapuas Hulu karena menurutnya aparat penegak hukum melakukan tebang pilih dalam penertiban PETI ini. "Tolonglah jangan sampai tebang pilih lagi aparat hukum, kenapa masyarakat yang mencari emas ini menggunakan alat seadanya justru ditangkap. Sementara ada oknum masyarakat yang mencari kekayaan dalam PETI ini menggunakan alat berat justru tidak ditangkap," kesalnya. 
Perlu diketahui bahwa lima terdakwa yang menjalani proses sidang putusan hari ini telah menjalani hukuman selama 3 bulan 10 hari. Kelima terdakwa tersebut ialah AS, AH, JM, MO dan SH. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 1032521989237899222

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item