Disdikbud Kapuas Hulu Gelar Kompetisi Sains Nasional Tingkat SD/MI

pena iklan

Suasana pembukaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2020 di SD Negeri 04 Putussibau, Kamis (12/3)

Penakapuas.com- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kapuas Hulu menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2020. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SD Negeri 04 Putussibau, Kamis (12/3)
Hadir kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu Petrus Kusnadi, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Hj. Sri Siti Haslindar dan jajaran dilingkungan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan setempat, para guru pendamping dari setiap sekolah serta para dewan juri.
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Disdikbud Kabupaten Kapuas Hulu Petrus Kusnadi menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan serentak secara nasional hari ini. Di Kapuas Hulu diikuti oleh siswa tingkat SD/MI perwakilan dari masing - masing kecamatan.
"Kita melaksanakan suatu kegiatan, serentak di seluruh pelosok tanah air, dan untuk anak-anak berkompetisilah secara sehat, saya yakin pula yang diutus ini sudah mempersiapkan diri dengan maksimal," ucap Kusnadi.

 Suasana pembukaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2020 di SD Negeri 04 Putussibau, Kamis (12/3)

Kepada seluruh siswa dan para pendamping, Kusnadi menyampaikan selamat mengikuti kompetisi sains nasional,  ia berharap kegiatan berjalan lancar hingga selesai.
"Yang diutus ini pasti menjadi yang terbaik untuk ikut kompetensi," tambah Kusnadi.
Lebih lanjut Kusnadi mengungkapkan ilmu pengetahuan saat ini terus berkembang. Karenanya, generasi muda diharapkan terus meningkatkan kompetisi belajarnya.
"Tidak boleh berhenti belajar, karena ilmu pengetahuan terus berkembang sesuai peradaban yang ada. Ilmu pengetahuan berguna untuk berbagai sisi kehidupan, menganalisa sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan," ucap Kusnadi.
Karenanya, dalam kompetisi sains Nasional yang juga diikuti oleh anak - anak di daerah itu menjadi salah satu agenda penting bagi dunia pendidikan kedepan.
"Mereka adalah anak Kapuas Hulu yang menjadi pondasi pembangunan kedepan. Saya berharap banyak anak disini bisa mewujudkan cita-citanya," harap Kusnadi.
Kusnadi juga menyampaikan bahwa pemerintah di era sekarang sudah merubah sistem pendidikan, peserta didik semua diusahakan untuk bisa memahami dan belajar dengan menggunakan daya nalar.
"Maka disini guru berperan sebagai asesor, bagaimana mentransfer ilmu ke peserta didik agar bisa memahami apa yang diajarkan," pesan Kusnadi.
Ditambahkan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kapuas Hulu Sri Siti Haslindar, kompetensi sains nasional tingkat kabupaten Kapuas Hulu itu diikuti oleh 86 peserta, terdiri dari Kelas IV dan V dari semua kecamatan.
"Masing - masing kecamatan mengutus 4 (empat) siswa, 2 diantaranya matematika, dan 2 siswa IPA," ungkap Sri.
Dijelaskan Sri, tujuan kompetisi sains nasional itu sebagai wahana kompetisi dalam bidang matematika dan IPA guna meningkatkan mutu pendidikan.
"Khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi relegiusitas, integritas, nasionalisme dan gotong royong," ungkap Sri.
Disamping itu, untuk menjaring siswa siswa berprestasi bidang sains SD/MI tingkat Kabupaten Kapuas Hulu yang nantinya akan mewakili kabupaten Kapuas Hulu dalam ajang kompetisi sains nasional tingkat provinsi Kalbar pada 6-8 April 2020 mendatang. "Nantinya akan diutus ke provinsi masing-masing IPA 3 orang dan Matematika 3 orang," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4348194508276987655

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item