Bangunan Sekolah di Kapuas Hulu Banyak Rusak

pena iklan
 
Sri Siti Aslindar 

Penakapuas.com - Sri Siti Aslindar Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu mengungkapkan, kondisi bangunan sekolah di Kapuas Hulu baik tingkat Sekolah Dasar maupun tingkat Sekolah Menengah Pertama kondisi bangunannya masih banyak yang memprihatinkan. Dari 500 sekolah yang ada di Bumi Uncak Kapuas ini, 75 persennya masih mengalami kerusakan. 
"Entah itu rusak ringan, sedang dan berat. Namun yang pastinya sekolah kita masih banyak yang rusak," katanya saat ditemui diruangannya, Rabu (11/3). 
Untuk angka pastinya berapa banyak sekolah yang rusak kata Sri, pihaknya memang masih melakukan pendataan. Namun yang jelas kerusakann bangunan sekolah dimulai dari ruang kelas, toilet hingga rumah guru. 
"Berdasarkan Musrenbang kemarin, rata - rata dari kecamatan mengusulkan rehab ruang kelas, rumah guru maupun toilet," ujarnya. 
Sri mengatakan, untuk sekolah - sekolah yang mengalami kerusakan terdapat diberbagai wilayah diantaranya di perbatasan, Lintas Selatan maupun Lintas air. "Jangan di desa - desa terpencil, didalam kota saja masih ada bangunan sekolah yang mengalami kerusakan dan perlu perbaikan dari pemerintah," jelasnya. 
Terhadap sekolah yang banyak rusak ini kata Sri, pihaknya bukan tidak berupaya untuk melakukan perbaikan. Justru pihaknya konsen untuk melakukan perbaikan.
"Kita sudah mengupayakan sekolah yang rusak dan ada di perbatasan l, melalui badan pengelola perbatasan kita berkolaborasi bagaimana memperjuangkan sekolah diperbatasan itu bangunannya dapat diperbaiki," jelasnya. 
Belum lagi tahun ini kata Sri, melalui Dana Alokasi Khusus dan APBD Kapuas Hulu ada beberapa sekolah yang direhab. 
"Yang jelas ruang kelas yang rusak menjadi prioritas kita, bahkan ada yang dibangun baru. Kemudian toilet rusak akan diperbaiki dan rumah guru juga menjadi prioritas kami," ucapnya. 
Untuk itu Sri berharap kedepan agar sekolah dapat melaporkan kondisi sekolah sebenar -benarnya sehingga pihaknya dapat melakukan perbaikan nantinya."Gara - gara sarana dan prasarana yang tidak mendukung ini, ada 122 SD kita yang tidak terakreditasi, sementara SMP ada 37," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 2089874967300058672

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item