79 Guru SD Pensiun, Buat Kekurangan Guru di Kapuas Hulu Bertambah

pena iklan

Joni Rajikin 
 
Penakapuas.com- Joni Rojikin Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu mengungkapkan, tahun 2020 ini sebanyak 79 guru Sekolah Dasar yang pensiun. 
"Untuk guru TK dan SMP tahun ini tidak ada yang pensiun," katanya saat ditemui diruangannya, Rabu (11/3). 
Joni mengatakan, dengan pensiunnya 79 guri SD ini akan menambah kekurangan guru yang ada di Bumi Uncak Kapuas. Untuk saat ini saja, Kapuas Hulu untuk ketersediaan gurunya yakni dari SD ada 1.738 orang, sementara Tenaga Administrasi Sekolah ada 111 orang. Untuk guru SMP ada 493 orang dan tenaga administrasi sekolahnya ada 58 orang. 
"Untuk kekurangan guru saja, kita dari SD ada 1.538 orang dan SMP 542 orang. Jadi totalnya kita kekurangan guru itu 2.000 lebih, " jelasnya. 
Maka untuk itu kata Joni, dibidangnya sendiri memiliki agenda besar untuk meningkatkan jumlah tenaga pendidik ini. 
 "Untuk menutupi kekurangan guru ini, langkah pertama yakni pemerintah pusat harus mengadakan penerimaan CPNS 2021. Sementara dari Pemkab itu ada anggarannyalah untuk pengangkatan guru kontrak. Sementara langkah selanjutnya yakni melakukan  regroping sekolah, hingga kini  kita baru melakukan pemetaan," jelasnya. 
Lanjut Joni, agenda selanjutnya yakni pengangaran Diklat Calon Kepala Sekolah (DCKS), hal ini dikarenakan untuk menjadi Kepala Sekolah itu harus ada Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepsek. Setelah lulus ini ia akan akan mendapatkan Nomor Unit Kepala Sekolah (NUKS).
"Kepsek yang tidak memiliki NUKS, tidak diberikan tunjangan kepala sekolah, parahnya imbasnya kepada penulisan rapot yang dilakukan Kepsek tidak sah dan tidak dibayarnya dana BOS," jelasnya.
Sambung Joni, kalau sekarang ini banyak Kepsek yang belum memenuhi standar, di Kapuas Hulu baru14 orang yang memenuhi standar.
Sambung Joni, penguatan Calon Kepala Sekolah ini bisa diikuti bagi Kepsek yang diangkat sebelum 1 april 2018. "Dia harus mengikuti penguatan kepala sekolah, tetap kalau diangkat 1 April 2018 keatas yaitu wajib mengikut Diklat CKS. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 2218913235162603236

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item