17 Jalur Tikus di Kapuas Hulu, 5 Masih Aktif di Perbatasan

pena iklan
 
Letkol Inf Hendra Cipta Dansatgas Pamtas Yonif 133/ YS

Penakapuas.com  - Dansatgas Pamtas Yonif 133/YS Letkol Inf Hendra Cipta mengungkapkan, bahwa jalur tikus di Kapuas Hulu ini ada 17 titik. Hanya saja jalur tikus yang aktif hanya ada 5 titik. " Di Badau ada 3 jalur tikus, satu lagi di jalur dekat perkebunan sawit dan satu lagi di Semawang II juga ada jalur tikus," katanya saat ditemui wartawan disela - sela kegiatan Rakor Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Terhadap Penyebaran Covid-19 di Putussibau, Kamis (18/3). 
Hendra tak menampik, selama ini masyarakat perbatasan pergi ke Malaysia menggunakan jalur tikus, namun kepergian warga Indonesia ke Negara tetangga itu ada yang perginya berkebun dan ada juga yang membeli sembako untuk kebutuhan pribadi. "Untuk kebutuhan pribadi dalam membeli sembako ke Malaysia, kami masih memberikan toleransi. Tapi jika sembako untuk dijual lagi ke Indonesia, tentu kita larang," ujarnya. 
Hendra mengatakan, tidak ditutupnya jalur tikus selama ini hanya untuk mempermudahkan masyarakat perbatasan pergi ke Malaysia yang sifatnya urgen seperti berobat. Soalnya PLB Badau tersebut bukanya pun tidak 24 jam.  
Lanjut Hendra, jalur tikus yang ada di perbatasan pun, kebanyakan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Sementara jalur tikus yang bisa dilewati mobil ada dua  yaitu pos jalan SMA Badau dan Seimawang II Puring Kencana.
Maka dari itu kata Hendra, untuk mencegah penyebaran Covid - 19 di perbatasan, dirinya tidak mempermasalahkan jika jalur tikus yang ada ditutup. "Kita siap dukung Pemerintah Daerah dalam membantu pencegahan Covid- 19 ini," tegasnya. 
Sambung Hendra, untuk pengawasan jalur tikus yang ada, selama ini pihaknya melakukan pengawasan ketat terhadap warga perbatasan yang ingin melintas ke Malaysia. "Seperti jalur tikus di Mentari ada anggota kita yang berada di pos untuk melakukan pengawasan, begitu juga dengan jalur tikus lainnya," pungkasnya. ((taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 1420294992640414920

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item