150 RTLH di Hulu Kapuas Akan Direhab

pena iklan

Salah Rumah Tak Layak Huni di Kapuas Hulu 

Penakapuas.com  - Ribuan Rumah Tak Layak Huni (RTLH) di Kapuas Hulu akan kembali direhab oleh Kementrian PUPR melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Untuk tahun 2020 ini masyarakat di lima desa di daerah Hulu Kapuas juga akan mendapatkan program BSPS ini. 
"Ada 150 rumah yang akan direhab di Hulu Kapuas. Masing - masing satu desa mendapatkan 30 rumah yang direhab. Kelima desa itu ada di Kareho, Tanjung  Lokang, Bungan Jaya, Beringin Jaya dan Cempaka Baru," kata Fahrurozi Kabid Perumahan dan Kawasan Permukiman Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kapuas Hulu, kemarin. 
Fahrurozi mengatakan, adanya program BSPS di Hulu Kapuas ini, menjadi pemikirannya soalnya lokasi menuju 5 desa tersebut sangat jauh sementara dana untuk pembangunan satu rumah hanya Rp15 juta dan upah tukang Rp2,5 juta. 
"Bagaimana kita mau memasukan material kelima desa tersebut, sementara akses menuju kesana memakan biaya yang sangat besar. Untuk biaya angkut materialnya saja pasti besar," tuturnya. 
Untuk itu dirinya berharap, mudah - mudahan program BSPS ini ada kebijakan tertentu dari Pemerintah Pusat.   
Fahrurozi mengatakan,  untuk jumlah pasti berapa banyak rumah di Kapuas Hulu yang direhab, dirinya belum bisa memberikan angka pasti karena pihaknya masih menunggu dari Pemerintah Pusat. "Karena banyak usulan yang kita sampaikan ke Pemerintah Pusat, apakah usulan kita diterima semuanya atau tidak," ujarnya. 
Namun kata Fahrurozi, jumlahnya diperkirakan mencapai dua ribu lebih, hanya saja jumlah tersebut agak berkurang dibanding tahun lalu. 
Lanjut Fahrurozi, pengerjaan program BSPS direncanakan setelah lebaran, mengingat saat ini masih dalam penyeleksian Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) oleh Kementrian. 
Sambung Fahrurozi, terkait dengan bantuan yang disalurkan, masyarakat penerima program BSPS akan mendapatkan pendampingan TFL yang nantinya akan disebar ke beberapa desa yang mendapatkan program BSPS ini. Sedangkan penyaluran BSPS akan disampaikan kepada masyarakat dalam bentuk bahan bangunan dan dananya disalurkan melalui bank penyalur dana BSPS.
Pelaksanaan bedah rumah akan dilaksanakan apabila semua proses administrasi dan verifikasi yang dilakukan TFL selesai di lakukan di lapangan. Selain itu juga melihat kesiapan masyarakat atau kelompok masyarakat yang akan melaksanakan pembangunan.
"Melalui pembentukan kelompok tersebut, masyarakat diharapkan bergotong royong dan saling membantu antar warga untuk proses pembangunan bedah rumahnya," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4160586922655495087

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item