11.000 Program PTSL di Kapuas Hulu, Pengerjaan Baru 25 Persen

pena iklan

Honorius Sawing 

Penakapuas.com -  Tahun 2020 ini Kabupaten Kapuas Hulu mendapatkan kuota sebanyak 11.000 bidang tanah untuk program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).
"PTSL 11.000 di empat kecamatan yakni Putussibau Selatan, Putussibau Utara, Kecamatan Kalis dan Seberuang," kata Honorius Sawing Kasi Hubungan Hukum Pertanahan BPN Kapuas Hulu, Rabu (11/3). 
Sawing mengatakan, 11.000 bidang tanah yang masuk dalam program PTSL tersebut terdiri dari beberapa desa seperti di Kecamatan Putussibau Selatan yakni Desa Ingko Tambe, Sayut, Urang Unsa, Sukamaju dan Cempaka Baru. Kemudian Kecamatan Putussibau Utara ada di Ariung Mendalam, Tanjung Karang, Sibau Hulu dan Sibau Hilir. Kemudian Kecamatan Kalis berada di Desa Nanga Raun dan Tapang Daan. Sementara di Kecamatan Seberuang di desa Tajau Mada, Sejiram, Gurung dan Emperiang. 
"Selain program PTSL, kami juga ada program redistribusi tanah sebanyak 8.000 bidang yang tersebar di dua kecamatan yakni Seberuang 8 desa dan Kecamatan Semitau 4 desa," ujarnya. 
Sawing menjelaskan,  program PTSL tahun 2020 ini, untuk 11.000 peta bidang tanah ini tidak semuanya dikerjakan oleh pihaknya. "Kami hanya mengerjakan PTSL 1.000 bidang tanah saja, sementara 10.000 bidang tanah tersebut dikerjakan oleh pihak ketiga yang menjadi pemenang lelang yakni PT Tellus Meridian Surve dari Jakarta," jelasnya. 
Lanjut Sawing, hingga hari ini proses pengerjaan PTSL sedang berjalan dalam hal pengukuran bidang, diperkirakan sudah ada 25 persen dikerjakan oleh PT Tellus Meridian Surve. 
"Kontrak mereka mengerjakan ini sampai 130 hari yang dimulai dari 1 Januari hingga 13 Juni 2020," ucapnya. Sementara 1000 bidang tanah   yang kami kerjakan masih dalam proses, bukan hanya PTSL yang kami kerjakan namun program redistribusi tanah juga," ujarnya. 
Sambung Sawing, target kementrian ATR tahun 2025 tanah di Indonesia ino sudah terpetakan semua. 
"Sehingga tanah kedepannya setiap wilayah mimimal di desa tanahnya sudah terdaftar dan terpetakan semuanya. Paling tidak menghindarkan terjadinya konflik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, " pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 8615640361302018012

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item