Wartawan di Kapuas Hulu Peringati Hari Pers Nasional 2020

pena iklan

Pj Sekda Kapuas Hulu Hj Linda Purnama menyuapi Timotius Ketua HPN 2020 sekaligus wartawan online Berita Antara dalam peringatan HPN 2020, Kamis (13/2) 

Penakapuas.com  - Wartawan di Kapuas Hulu memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Grand Banana Putussibau, Kamis (13/2). Peringatan HPN dihadiri langsung oleh Pj Sekda Kapuas Hulu Hj Linda Purnama, perwakilan Forkompinda dan undangan lainnya. 
Timotius Ketua Panitia Hari Pers Nasional 2020 mengatakan, Hari Pers Nasional diperingati setiap tanggal 9 Februari setiap tahunnya. "Tahun ini secara nasional kegiatan terpusat di Banjarmasin Kalimantan Selatan yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo," katanya saat memberikan sambutan dalam acara HPN 2020. 
Timo mengatakan, seperti yg disampaikan Presiden Jokowi bahwa pers sangat diperlukan Bangsa ini. Pers mengalami dinamika dan permasalahannya dari masa keemasan. Bukan hanya itu, pers membantu mempublikaskan keadilan yang terjadi hingga saat ini.
Mengingat pentingnya, sejarah lahirnya pers di tanah air, maka insan pers dari berbagai media baik lokal mau pun nasional yg bertugas di Kapuas Hulu sepakat memperingati Hari Pers Nasional dengan di isi Dialog Pencegahan Berita Hoax dan Ujaran Kebencian menjelang Pilkada. Dengan tema "Cerdas bermedia sosial jelang Pilkada Kapuas Hulu tahun 2020".

Yohanes wartawan Berkat sekaligus sebagai wartawan termuda di Kapuas Hulu mendapat suapan tumpeng dari Kabag Sumda Polres Kapuas Hulu Kompol Tedjo, Kamis (13/2) 

" Tujuan kegiatan ini untuk membuka wawasan dan meningkatkan sumber daya manusia agar bijak dalam menggunakan media sosial," ujarnya. 
Lanjuy Timo, kegiatan hari ini berkat kerjasama dengan berbagai pihak terutama dari jajaran Polres Kapuas Hulu dan Pemerintah Daerah serta dukungan dari berbagai pihak terkait.
"Kami juga sampai terimakasih kepada pihak Hotel Grand Banana Putussibau yang telah bersedia mensupport kegiatan ini," ucapnya. 
Mewakili Kapolres Kapuas Hulu, Kabag Sumda Polres Kapuas Hulu Kompol Tejo Sasono menyampaikan di era globalisasi seperti sekarang peran pers sangat penting.
"Karena dunia digital sudah sangat canggih. Maka peran pers juga diharapkan bisa membentengi pengaruh negatif dari luar, untuk mencerdaskan dan mempersatukan bangsa dan negara," ungkapnya.
Dikatakannya, peran pers penting dalam menyaring berita - berita yang ada di media sosial, sehingga masyarakat tidak terpancing.
Untuk itu ia menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional, semoga kedepan dialog yang sangat penting itu bisa terus diadakan antar pemangku kepentingan.
Sementara itu, Pj. Sekda Linda Purnama mewakili Bupati Kapuas Kapuas Hulu mengaku bangga atas terselenggaranya peringatan HPN oleh wartawan di Kapuas Hulu. "Bapak Bupati menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya HPN 2020, ini bukti konkrit bahwa pers komitmen dalam mengisi pembangunan, menjadi media yang independen dalam Pemilukada di Kapuas Hulu," katanya.
Pj. Sekda juga menyampaikan bahwa perkembangan berita online memang sekarang tidak dipungkiri dan sudah menggeser media media cetak.
Pers diharapkan ikut membangun optimisme masyarakat dengan narasi-narasi yang baik bagi masyarakat. Apalagi  konsumsi media sosial di Indonesia yang cukup tinggi, pengguna Facebook terbesar ke 4 di dunia.
Disisi lain masyarakat juga masih minim dengan literasi dan menerima informasi yang diterima, sehingga penggunaan medsos menyebar tanpa melacak kebenaran yang sesungguhnya. "Inilah pemicu hoax ditengah masyarakat," tutur Pj Sekda.
Lanjut Linda Purnama, pada moment Pilkada, penebaran haox memang semakin gencar, maka melalui dialog yang strategis ini bisa sebagai penyaring atas informasi yang beredar . "Dialog ini untuk menjaga agar penyelenggaraan Pilkada berjalan kondusif, untuk menghasilkan pemimpin daerah yang lebih baik di masa - masa akan datang," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 6398561881506074315

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item