Rutan Putussibau Panen Padi

pena iklan
 
Kepala Rutan Kelas II B Putussibau Rio Mulyadi Sitorus didampingi Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu saat memanen padi, Selasa (25/2) 

Penakapuas.com - Bersama warga binaan dan didampingi  Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kapuas Hulu, Kepala Rutan Klas II B Putussibau melakukan panen padi di jalan Penjara Kelurahan Kedamin Hulu, Selasa (25/2). 
Rio Mulyadi Sitorus Kepala Rutan Klas II B Putussibau mengatakan, ada beberapa lahan yang dipanen hari ini, kegiatan ini sudah dimulai sejak 2018 lalu, namun pada saat itu masih meraba-raba apa yang harus ditanam seperti jagung tapi gagal. "Akhirnya pada tahun 2019 kami melakukan tanam padi dan berhasil. Ini pun merupakan panen padi yang kedua," katanya disela - sela kegiatan panen padi.
Rio mengungkapkan, kegiatanan tanam bertanam ini merupakan proses pembinaan bagi warga binaan, dimana lembaga Rutan itu bukan hanya melakukan proses penahanan, namun juga melakukan pembinaan terhadap warga binaan. "Ini kita lakukan agar warga binaan mempunyai keahlian lain dan bermanfaat baginya ketika mereka bebas nanti," tuturnya. 
Lanjut Rio, lahan yang mereka tanami luasnya sekitar 6.000 M, namun ini bukanlah lahan milik Rutan Putussibau. Melainkan milik warga setempat yang berbaik hati untuk memberikan lahannya untuk dikelola.
"Makanya kedepan kita ingin menggandeng  menggandeng dinas pertanian setempat agar hasil tanaman padi ini lebih baik," ujarnya. 
Untuk itu kedepannya kata Rio, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas pertanian setempat terutama untuk penyediaan bibit, pupuk, pengolahan, mengatasi hama dan lain sebagainya. 
Sementara itu Abdul Samad Kabid Penyuluhan Pertanian pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan, pihaknya  sangat mendukung dan mengapresiasi atas kegiatan ini.
"Dumana ini sebagai langkah untuk mencapai kedaulatan pangan yang tidak bisa ditawar-tawar," ucapnya.
Lanjut Samad, kegiatan ini jug dapat memacu masyarakat semua untuk bertani dan bisa dijadikan usaha sampingan bagi siapa pun dan profesi apa pun.
"Berharap kegiatan ini bisa berlanjut, kedepannya kita akan adakan kerjasama terkait sistem teknologinya," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 1392061371701855076

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item