Politik Uang Masih Jadi "Hantu" Pilkada 2020

pena iklan
 

Haidir Komisioner Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu 

Penakapuas.com  - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kapuas Hulu menilai politik uang masih menjadi permasalahan serius yang menghantui pesta demokrasi. Hal itu menjadi tantangan Bawaslu Kapuas Hulu supaya Pilkada serentak 2020 di Bumi Uncak Kapuas bersih dari politik uang.
"Lintas Selatan dan Silat Hulu dan Hilir serta didaerah Lintas Kapuas daerah sungai rawan politik uang," kata Haidir Komisioner Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (27/2). 
Haidir mengungkapkan, masalah politik uang pada Pilkada 2020 nanti, tentu pihaknya akan serius untuk menanganinya dengan catatan jika masyarakat mau melapor dan tetap serius memberantas masalah politik uang ini. 
"Yang terjadi selama ini, masyarakat melapor politik uang ke Bawaslu, namun tidak mem bawa bukti apa - apa. Selama ini hanya katanya - katanya. Jika sudah begitu kami tidak bisa menindaklanjuti laporan tersebut, itulah yang terjadi selama ini," jelasnya.  
Lanjut Haidir, masalah Pilkada tidak hanya faktor politik uang saja yang menjadi masalah, namun juga adanya politik identitas. Maka untuk mengantisipasinya,  pihaknya tentu ada patroli pengawasan H-3. 
"Untuk itu kami imbau masyarakat akan bahayanya politik uang di medsos. Melalui kampung awas dan randau ruai merupakan bagian dari upaya Bawaslu untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahayanya politik uang dan politik identitas," ujarnya. 
Lanjutnya, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi - sosialisasi partisipatif kepada masyarakat luas, namun semua itu sia-sia tanpa dukungan masyarakat Kapuas Hulu dan seluruh pemangku kepentingan yang ada. "Masyakat perlu tahu, bahwa di Bumi Uncak Kapuas banyak yang menyebabkan kerawanan pada Pilkada nanti diantaranya akses yang sulit, jaringan komunikasi masih banyak yang lemah, pemilih ada diwakilkan, penyelenggara tidak netral, ASN dan aparatur desa banyak yang ikut bermain," pungkasnya.  (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 769641048091240178

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item