KPU Kapuas Hulu Launching Tahapan Pilkada 2020

pena iklan

Pelaksanaan launching tahapan Pilkada 2020 yang dilaksanakan oleh KPU Kapuas Hulu di aula Indoor Putussibau, Sabtu (29/2)

Penakapuas.com  -  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu, Ahmad Yani menyatakan, acara launching Pilkada serentak tahun 2020 ini merupakan tanda dimulainya tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati di Kapuas Hulu.Acara launching tersebut berlangsung di Gedung Indor Volly Putussibau,  Kelurahan Putussibau Kota, Kecamatan Putussibau Utara, Sabtu (29/2)
"Ada tiga tahapan dalam penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020, yaitu pemutahiran data pemilih  yang dimulai dengan coklit serentak pada 18 April hingga 17 Mei 2020," katanya. 
Setelah itu, pencalonan atau pendaftaran pasangan calon pada 16 sampai dengan 18 Juni 2020, dan penetepan pasangan calon pada 8 Juli 2020. "Pendaftaran bakal pasangan calon itu ada dua cara yaitu jalur perseorangan dari jalur politik," ucapnya.
Terkait jalur perseorangan, syarat dukungannya sudah diserahkan ke KPU, pada 19 - 23 Februari 2020. Sedangkan jalur politik atau gabungan partai politik, syaratnya minimal enam kursi atau 20 persen dari jumlah kursi partai di DPRD. 
"Tahapan ketiga yaitu, pemungutan suara dan perhitungan suara pada 23 September 2020. Pemungutan dan perhitungan suara sebagai penentu siapa calon Bupati dan Wakil Bupati pilihan yang memimpin Kapuas Hulu kedepannya," ungkapnya.
Sementara itu Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero mengatakan, kegiatan ini artinya pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Kapuas Hulu sudah dimulai. "Saya berharap launching Pilkada itu bisa sampai keseluruhan lapisan masyarakat, pemerintah hingga semua kalangan," tuturnya. .
Wabup mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu, agar sama-sama mensukseskan dan menjaga keamanan ketertiban selama pelaksanaan Pilkada di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.
"Penyelenggara Pilkada, Kepolisian, TNI, dan Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, tanpa ada dukungan semua pihak termasuk masyarakat, tim Paslon dan seluruh elemen masyarakat itu sendiri," ucapnya.
Antonius juga menuturkan, dalam proses Pilkada, KPU memiliki peran penting dan strategis, karena bertanggungjawab terhadap seluruh tahapan mulai dari sosialisasi, pendaftaran pemilihan atau pemungutan hingga perhitungan suara.
"Seluruh tahapan Pilkada harus dilakukan dengan baik, kepada masyarakat mari kita kawan dan sukses Pilkada Kapuas Hulu dengan mengedepankan rasa keamanan dan ketertiban ditengah - tengah masyarakat," pungkasnya.
Kegiatan launching tersebut dihadiri juga Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L Ain Pamero, seluruh Komisioner KPU Kapuas Hulu, Bawaslu Kapuas Hulu, Kepolisian, TNI, Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati, baik jalur partai maupun perseorangan, serta para tamu undangan lainnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 451025937133433953

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item