Kodim 1206/Psb Sosialisasikan Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru

pena iklan


Acara Sosialisasi Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa, Jumat (14/2) di  aula Bataliyon RK 644/Wls, Jumat (14/2)

Penakapuas.com  - Komando Distrik Militer (Kodim) 1206 Psb menggelar Sosialisasi Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa, Jumat (14/2) di  aula Bataliyon RK 644/Wls, Desa Sibau Hilir.
Sosialisasi dihadiri Kepala Ahli Dam XII/Tpr Bidang OMSP Kodam XII/Tpr Kolonel Inf. Isa Ansori, Bupati Kapuas Hulu AM Nasir , Forum Komunikasi Perangkat Daerah (Forkompimda) beserta para pejabat struktural Pemkab Kapuas Hulu dan masyarakat. 

Dalam sambutannya Kepala Ahli Dam XII/Tpr Bidang OMSP Kodam XII/Tpr Kolonel Inf. Isa Ansori menyampaikan bahwa program Langit Biru ini adalah salah satu upaya serta strategi yang dicanangkan oleh Kodam XII/Tpr dalam rangka mencegah terjadinya Karhutla di wilayah Kalbar pada umumnya dan di Kabupaten Kapuas Hulu pada khususnya. 
"Makanya dasar program Langit Biru ini berdasarkan UUD RI NO 34 Tahun 2004, Inpres No 11 tahun 2005 dan Pergub Kalbar Nomor 1 Tahun 2019," katanya. 
Isa Ansori mengatakan, pencanangan Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa merupakan suatu upaya wilayah Kalbar zero asap. Untuk itu Forkopimda ditingkat Kabupaten agar selalu bekerjasama dan saling bahu-membahu dalam rangka menuju kepada zero asap. "Kemudian Kodam XII/Tpr membuat suatu program untuk melaksanakan mitigasi sejak dini, mulai dari tahapan sosialisasi maupun pembentukan organisasi relawan ditingkat desa," ujarnya.

Kepala Ahli Dam XII/Tpr Bidang OMSP Kodam XII/Tpr Kolonel Inf. Isa Ansori saat menyampaikan sambutan 

Lanjut Isa, untuk sasaran Desa Mandiri Tahun 2020 Prov Kalbar Tahun 2020 sebanyak 138 Desa dan untuk Wilayah Kapuas Hulu sebanyak 17 Desa, sedangkan untuk Peta Daerah Rawan Karhutla Kalbar sebanyak 182 Desa dan khusus Kapuas Hulu sebanyak 12 Desa.
"Sementara relawan Peduli Karhutla kapuas Hulu sebanyak 153 orang sangat minim sekali, diharapkan dapat ditingkatkan kembali Relawan Karhutla Kapuas Hulu," harapnya. 
Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu AM Nasir  berterimakasih dan mengapresiasi program yang dicanangkan Kodam XII Tanjungpura, untuk meningkatkan status desa menjadi desa mandiri. Serta berupaya mencegah karhutla di Kalbar, termasuk Kapuas Hulu.
Menurutnya, sinergi program ini, yakni pencegahan karhutla dan Desa Mandiri Langit Biru sangat baik. Pemkab sangat mendukung dan akan bersinergi dengan TNI dan Polri. "Adanya desa mandiri dan Program Langit Biru akan membuat desa semakin maju dan berkembang. Sehingga masyarakat akan lebih sejahtera, kemudian juga dapat menekan angka kemiskinan," pungkasnya. (taufiq)
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4616083753168053310

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item