Hari Ketiga, Peserta Tes CPNS 2019 Banyak Tak Hadir

pena iklan

Peserta tes CPNS 2019 di Kapuas Hulu saat berada diruangan sterilisasi untuk mengikuti tutorial pengisian soal dari panitia, Senin (24/2)

Penakapuas.com  - Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)  Kapuas Hulu mengingatkan para peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 agar tidak terlambat saat mengikuti tes. "Hingga hari ketiga ini sudah banyak yang tidak hadir mengikuti tes" kata Joni Orba Kasi Kepangkatan Pensiun dan Pemberhentian BKPSDM Kapuas Hulu, Senin (24/2).
Joni mengatakan, pada hari pertama tes SKD, ada sekitar 11 peserta yang tidak datang, kemudian dihari kedua ada 14 orang yang tidak hadir dan dihari ketiga pada sesi pertama ada 3 orang yang tidak hadir.
" Saya sesalkan juga kenapa peserta tes CPNS 2019 ini tidak hadir, padahal mereka sebelumnya sudah susah payah mendaftar untuk ikut tes ini," ujarnya. 
Joni mengungkapkan, padahal pihaknya sebelumnya sudah mengingatkan kepada peserta ketika mengambil kartu ujian agar datang lebih awal sebelum tes dimulai. "Kita ingatkan sebelumnya agar mereka ini datang 1 jam sebelum tes, karena banyak proses yang harus mereka lalui," ujarnya. 
Lanjut Joni, pelaksanaan tes SKD ini berlangsung dari tanggal 22-27 Februari 2020, dimana dalam satu hari tersebut diikuti sekitar 500 peserta yang dibagi kedalam lima sesi dan setiap sesi akan diikuti 100 orang. "Yang ikut tes SKD total 2.954 peserta, sementara yang dicari formasi 148," ucapnya. 
Joni pun menjelaskan, sebelum mengikuti tes ini para peserta harus melalui beberapa tahap, dimulai dari ketika peserta tes ini datang, mereka harus menuju ruang registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan nomor pin.
"Nomor pin inilah yang akan digunakan mereka untuk ujian," tuturnya. 
Selanjutnya kata Joni, jika peserta mengukuti ujian ini mereka mesti masuk ke ruangan steril, diruangan tersebut mereka diperkenankan hanya membawa kartu peserta dan kartu identitas sajam
Diruang steril tersebut, mereka akan diperliihatkan terlebih dahulu tutorial pengisian soal dan lainnya kurang lebih 9 menit. "Namun sebelum masuk keruangan steril, peserta diperiksa dengan menggunakan alat metal detektor," ucapnya.
Setelah itu lanjut Joni, nanti ada pengawas yang menjemput peserta ketika masa dimulainya tes, nantinya peserta masuk dalam ruangan ujian selama 90 menit. "Jika waktu 90 menit itu habis leptop dan aplikasi akan mati sendiri dan peserta diperbolehkan pulang," pungkasnya. (taufiq) 
Advertisement

Related

Kapuas Hulu 4512762263403454873

Posting Komentar

emo-but-icon

Terhangat

Terbaru

Komentar

Advertisement

item